Melalui KKN Tematik, Kemenko PMK ajak Perguruan Tinggi implementasikan GNRM

0
17

Jakarta (29/03) — Plt Deputi bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK, Nyoman Shuida, didampingi Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Agus Sartono, membuka rapat koordinasi (rakor) Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Revolusi Mental di

Hotel Alila, Jakarta. Rakor yang berlangsung selama dua hari pada 29-30 Maret 2017 itu dilaksanakan dalam rangka mendukung pelaksanaan Gerakan Nasional Revolusi Mental melalui KKN Tematik Revolusi Mental 2017.

Dalam pengantarnya, Nyoman menyampaikan bahwa Pemerintah melalui Inpres No.12 Tahun 2016 telah mencanangkan Revolusi Mental sebagai suatu gerakan nasional. Revolusi mental bukan hanya mengenai perubahan perilaku, cara pandang di masyarakat ataupun fokus pada peningkatan kerja. Revolusi mental

dimaksudkan untuk pembangunan manusia agar memiliki kepribadian yang luhur dengan karakter yang kuat. Pembentukan karakter seseorang secara signifikan salah satunya dibentuk melalui sektor pendidikan. Oleh karena itu pendidikan tinggi secara khusus merupakan salah satu agen perubahan di tengah masyarakat.

KKN tematik revolusi mental merupakan penguatan dari kegiatan KKN reguler yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2016 dengan melibatkan 31 Perguruan tinggi. Pada tahun 2017 ini, KKN tematik revolusi mental akan diikuti oleh sebanyak 48 Perguruan tinggi yang terdiri atas 24 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 14 Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK).”Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada perguruan tinggi yang telah hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan KKN tematik revolusi mental. Kerjasama ini tentunya akan membantu pemerintah dalam mencanangkan gerakan nasional revolusi mental,” ucap Nyoman.

Di akhir pengantarnya, Nyoman mengharapkan agar kegiatan KKN tematik revolusi mental 2017 ini dapat berjalan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Bersadarkan agenda rakor pada hari ini, acara dilanjutkan dalam bentuk panel diskusi dengan narasumber Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Agus Sartono, yang memberikan arahan terkait pelaksanaan KKN tematik revolusi mental; Sosiolog dan guru besar FISIP Universitas Indonesia, Paulus Wirutomo, yang menyampaikan materi tentang substansi revolusi mental; Perwakilan dari Kementerian Ristekdikti dan Kementerian Agama yang menyampaikan arahan tentang KKN revolusi mental di lingkup PTN dan PTK; serta Asdep Nilai Kreativitas dan Budaya, Iwan Eka Setiawan, yang akan menyampaikan teknis pelaksanaan KKN tematik revolusi mental 2017.Turut hadir dalam rakor ini rektor, kepala maupun perwakilan dari universitas mitra revolusi mental.

Sumber: https://www.kemenkopmk.go.id/artikel/melalui-kkn-tematik-kemenko-pmk-ajak-perguruan-tinggi-implementasikan-gnrm