Jadi Pembicara Tunggal di CERAWeek, Arcandra: Pemahaman Aspek Teknis Penting dalam Mengambil Keputusan

0
2

HOUSTON – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mendapatkan kehormatan menjadi pembicara tunggal dalam acara CERAWeek di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS), Rabu (7/3). Acara ini menjadi salah satu agenda di tengah jadwal padat kunjungan kerja Arcandra ke AS.

Dengan latar belakang sebagai inventor di bidang offshore technology development, CERAWeek mengundang khusus Arcandra Tahar untuk berbicara bagaimana teknologi menjadi enabler (pendukung) dalam efisiensi dan menarik investasi. Acara ini dikemas dalam model talkshow dan dipandu oleh Nick Sharma, head of upstream research and consulting, IHS Markit.

“Pemahaman aspek teknis sangat penting diperlukan dalam membuat kebijakan sehingga dapat diimplementasikan di lapangan” — Arcandra

Sebagai pembicara tunggal selama 40 menit, Arcandra memulai wawancara dengan menceritakan pengalamannya tentang penggunaan teknologi offshore di Peru. Selanjutnya, Arcandra juga bercerita tentang tantangan-tantangan yang dihadapi di Indonesia, salah satunya terkait dengan potensial gas di Natuna dan Enhanced Oil Recovery (EOR). Wamen ESDM juga kemudian memaparkan bagaimana teknologi dapat membantu untuk mengembangkan lapangan-lapangan ini dan juga meningkatkan produksi.

Dalam diskusi yang berlangsung secara interaktif, Arcandra juga memberikan pandangan tentang pengalamannya di Kementerian ESDM, khususnya yang berkaitan dengan kebijakan. “Pemahaman aspek teknis sangat penting diperlukan dalam membuat kebijakan sehingga dapat diimplementasikan di lapangan,” jelas Arcandra.

Sebagai informasi, CERAWeek adalah acara tahunan yang diselenggarakan di Houston pada bulan Maret. Acara ini merupakan salah satu event yang high profile yang dihadiri oleh para Menteri dan CEO perusahaan di bidang energi. Para Pembicara dalam acara ini adalah para pemegang keputusan, pembuat kebijakan dan pelaku bisnis. Tahun ini, CERAWeek diselenggarakan di hotel Hilton Downtown Houston mulai 5 hingga 9 Maret 2018. (RZ)

Sumber: https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsip-berita/jadi-pembicara-tunggal-di-ceraweek-arcandra-pemahaman-aspek-teknis-penting-dalam-mengambil-keputusan