Kapusku Kemhan Pimpin Rapat Rekonsiliasi LRA Baku II Dan III, Rekonsiliasi Terpadu Dan Penyusunan Laporan Keuangan Semester TA. 2018

0
2

Kapusku Kemhan Pimpin Rapat Rekonsiliasi LRA Baku II Dan III, Rekonsiliasi Terpadu Dan Penyusunan Laporan Keuangan Semester TA. 2018

Selasa, 24 Juli 2018

“Kegiatan Rekonsiliasi Terpadu Penyusunan Laporan Keuangan Semester I TA. 2018 merupakan rangkaian beberapa kegiatan meliputi Rekonsiliasi Laporan Keuangan Badan Keuangan Tingkat II dan Badan Keuangan Tingkat III, Rekonsiliasi Terpadu antara badan Perencanaan, Badan Logistik dan Badan Keuangan serta Penyusunan Laporan Keuangan dari mulai Tingkat UAPPA-W sampai dengan UAPA” — Kapusku Kemhan Marsma TNI Danang Hadiwibowo

Jakarta – Kepala Pusat Keuangan Kementerian Pertahanan Marsekal Pertama TNI Danang Hadiwibowo, SE, M.M memimpin Acara Rapat Rekonsiliasi Laporan Realisasi Anggaran Badan Keuangan II dan Badan Keuangan III, Rekonsiliasi Terpadu dan Penyusunan Laporan Keuangan Kemhan dan TNI Semester I TA. 2018, Selasa (24/7) di Gedung Piere Tendean Kemhan Jakarta.

“Kegiatan Rekonsiliasi Terpadu Penyusunan Laporan Keuangan Semester I TA. 2018 merupakan rangkaian beberapa kegiatan meliputi Rekonsiliasi Laporan Keuangan Badan Keuangan Tingkat II dan Badan Keuangan Tingkat III, Rekonsiliasi Terpadu antara badan Perencanaan, Badan Logistik dan Badan Keuangan serta Penyusunan Laporan Keuangan dari mulai Tingkat UAPPA-W sampai dengan UAPA”, Ucap Kapusku Kemhan Marsma TNI Danang Hadiwibowo.

Agar laporan keuangan dapat disajikan secara akuntabel dan memadai perlu dilakukan rekonsiliasi laporan realisasi anggaran (LRA) Badan Keuangan tingkat II dan Badan Keuangan tingkat III, bertujuan untuk mencocokan realisasi anggaran belanja dan anggaran pendapatan serta pengembalian belanja baik DIPA Pusat maupun daerah dari mulai tingkat UAKPA sampai dengan tingkat UAPPA-E1. Sehingga diperoleh data yang tepat dan akurat serta didukung oleh data berupa dokumen sumber yang lengkap.

Sedangkan Rekonsiliasi Terpadu bertujuan untuk memastikan bahwa Realisasi belanja yang berakibat pada perubahan aset maupun persediaan telah dicatat dalam aplikasi Saiba, Simak BMN maupun aplikasi persediaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Hasil dari pencocokan data tersebut akan dituangkan dalam Berita Acara Rekonsiliasi (BAR) yang ditandatangani oleh pejabat terkait dan diharapkan menjadi data akurat sehingga dapat digunakan dalam proses penyusunan laporan keuangan.

“Harapan kita semua agar laporan Keuangan Kemhan TA. 2018 mendapatkan penilaian terbaik dari BPK RI dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)”, jelas Kapusku Kemhan diakhir sambutannya. (DS/SGT)

Sumber: https://www.kemhan.go.id/2018/07/24/kapusku-kemhan-pimpin-rapat-rekonsiliasi-lra-baku-ii-dan-iii-rekonsiliasi-terpadu-dan-penyusunan-laporan-keuangan-semester-ta-2018.html