Kediri Melaksanakan Upgrading skills Sektor Manufaktur dan Kesehatan

0
4

Kediri Melaksanakan Upgrading skills Sektor Manufaktur dan Kesehatan20 Juli 2018 14:08 WIBKediri, BNP2TKI, Jumat,(20/7) – Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) bekerja sama dengan LP3TKI Surabaya, PT. Errena Mitra Keluarga (ESTC), PT Carba Event Nusantara, PT. Media Hati dan STIKES Surya Mitra Husada (Strada) menyelenggarakan upgrading skill untuk calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan bekerja di sektor manufaktur dan kesehatan.

 

“Kita itu harus mampu menilai diri sendiri,how to value ourselves” — Sekretaris Utama BNP2TKI, Tatang Budie Utama Razak

 “Kita itu harus mampu menilai diri sendiri, how to value ourselves”, ungkap Sekretaris Utama BNP2TKI, Tatang Budie Utama Razak, pada saat membuka acara Upgrading Skill Sektor Manufaktur dan Kesehatan di gedung STIKES Strada Kediri yang beralamat di Jl. Manila, No. 37, Sumberece, Tosaren, Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (17/7/2018).

 

“Menjadi tantangan bagi institusi pendidikan untuk mampu mencetak lulusan-lulusan yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh pasar kerja luar negeri. Oleh karena itu, perlu kolaborasi antara Pemerintah dan Institusi Pendidikan di Daerah dalam membuat program kerjasama untuk meningkatkan kompetensi lulusannya atau sering disebut sebagai upgrading skill” Ujar Tatang.  

 

Deputi Kerjasama Luar Negeri dan Promosi, Drg. Elia Rosalina Sunityo MARS, M.Si mengatakan “Setelah upgrading skills dilakukan, setiap peserta harus mendapatkan pekerjaan. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bersinergi dan diharapkan agar PMI dapat mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.”

 

Peserta upgrading skill kali ini adalah sebanyak 190 orang yang terdiri dari 90 orang peserta manufaktur dengan penempatan negara tujuan Asia Pasifik dan 100 orang peserta sektor kesehatan dengan penempatan negara tujuan Timur Tengah yang dilaksanakan selama 25 hari. 

 

Turut Hadir dalam acara pembukaan ini, Direktur Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas Tenaga Kerja Luar Negeri I (PHK-TKLN I), Seriulina Tarigan , Direktur Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas Tenaga Kerja Luar Negeri II (PHK-TKLN II), Yana Anusasana, perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja Kota Kediri, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kediri, Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur, UPT Pelatihan Provinsi Jawa Timur, serta pimpinan dariPT. Errena Mitra Keluarga (ESTC), PT Carba Event Nusantara, PT. Media Hatidan STIKES Strada Kediri, serta jajaran pejabat Eselon III dan IV dari Kedeputian Bidang KLN&Promosi BNP2TKI.  

 

Program ini merupakan bagian dari kebijaksanaan Pemerintah dalam upaya peningkatan penempatan PMI formal yang tidak lagi menempatkan PMI untuk Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) dengan menempatkan PMI yang telah memiliki keahlian dan keterampilan pada sektor-sektor dan jabatan seperti sektor Hospitality, Manufaktur, Kesehatan, Energi, Agrikultur, Transportasi, Konstruksi, Welder dan Jasa lainnya.***(Humas/AYG)

 

·        

·        

·        

·        

 

Share:

Sumber: http://www.bnp2tki.go.id/read/13388/Kediri-Melaksanakan-Upgrading-skills-Sektor-Manufaktur-dan-Kesehatan.html