Apresiasi Menpora untuk Joni Si Pemanjat Tiang Bendera, Ajak Bertemu Presiden Jokowi dan Tonton Pembukaan Asian Games 2018

0
2

Apresiasi Menpora untuk Joni Si Pemanjat Tiang Bendera, Ajak Bertemu Presiden Jokowi dan Tonton Pembukaan Asian Games 2018

Sabtu, 18 Agustus 2018 14:00:00

“Aksi Joni sangat heroik untuk bangsa ini, banyak orang yang mengapresiasi aksinya, besok Senin 20/8 Joni akan saya ajak bertemu dengan Bapak Presiden dilanjutkan dengan berkeliling venue dan pertandingan di Asian Games tapi nanti malam Joni akan saya ajak untuk menyaksikan Pembukaan Asian Games” — Menpora

Aksi bocah cilik Yohanes Gama Marchal Lau atau Joni yang videonya viral karena memanjat tiang bendera saat upacara HUT RI ke-73 di Pantai Mota’ain, Desa Silawan, Kabupaten Belu, NTT, Jumat (17/8) lalu langsung diapresiasi oleh Menpora Imam Nahrawi. Sebelum diajak ikut nonton pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Joni terlebih dahulu diterima Menpora di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8) siang. (foto:raiky/kemenpora.go.id)

Jakarta: Aksi bocah cilik

Yohanes Gama Marchal Lau atau Joni yang videonya viral karena memanjat tiang bendera saat upacara HUT RI ke-73 di Pantai Mota’ain, Desa Silawan, Kabupaten Belu, NTT, Jumat (17/8) lalu langsung diapresiasi oleh Menpora Imam Nahrawi. Sebelum diajak ikut nonton pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Joni terlebih dahulu diterima Menpora di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8) siang. 

 

Joni yang hadir bersama kedua orang tuanya Victorino Fahik Marcal (ayah) dan Ibunya Lorensa Kai Ili, Kapolres Belu AKBP C Tobing dan Dandim Belu Letkol Inf. Putu Dwi serta Wakapolda NTT Victor Manopo langsung disambut oleh Menpora bersama jajaran pejabat lainnya. Di hadapan Menpora, siswa kelas 1 SMP N 1 Silawan menceritakan aksinya yang membuat bangga rakyat Indonesia. 

 

Ia menceritakan dirinya saat sedang mengikuti Upcara Bendera tiba-tiba perutnya sakit dan bergegas mencari obat di posco, sesaat setelah itu ia mendengar bahwa tali untuk menarik bendera Merah Putih terlepas ia berinisiatif untuk bergegas lari dan terus memanjat tiang setinggi 20 meter itu.

 

“Saya tidak memikirkan apa-apa dan tidak takut jatuh, saya lepas sepatu langsung naik saja talinya saya gigit saja karena ada bagian yang terlepas, meskipun ada yang suruh saya turun saya terus naik saja agar Bendera Merah-Putih terus berkibar,” ucapnya saat jumpa pers di Kantor Kemenpora bersama ayah dan ibunya.

 

Joni sendiri mengaku bahwa hobinya adalah bermain sepakbola tetapi keberaniaannya memanjat memang telah ada sejak ia kecil. “Saya sudah biasa memanjat seperti memanjat pohon Asem, panjat pinang, panjat pohon kelapa,” ujar Joni anak bungsu dari 9 bersaudara ini.”Pesan saya kepada anak muda se-Nusantara untuk terus rajin belajar, harus berani dan selalu cinta tanah air, itu aja,” pesan Joni.

 

Menurut Menpora aksi Joni sangat heroik dan spektakuler serta menginspirasi bangsa Indonesia. “Aksi Joni sangat heroik untuk bangsa ini, banyak orang yang mengapresiasi aksinya, besok Senin (20/8) Joni akan saya ajak bertemu dengan Bapak Presiden dilanjutkan dengan berkeliling venue dan pertandingan di Asian Games tapi nanti malam Joni akan saya ajak untuk menyaksikan Pembukaan Asian Games,” ujar Menpora. 

 

Pada acara tersebut ikut mendampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana, Deputi Pembudayaan Olahraga R. Isnanta, Asdep Teguh Raharjo.(ben)

Sumber: http://www.kemenpora.go.id/index/preview/berita/12709