Menpora Ikut Dampingi Presiden Menerima Api Obor Asian Games 2018 di Istana Negara

0
1

Menpora Ikut Dampingi Presiden Menerima Api Obor Asian Games 2018 di Istana Negara

Jumat, 17 Agustus 2018 20:18:03

“Semoga api Asian Games ini menjadi lambang dan simbol persahabatan, sportivitas dalam perhelatan Asian Game 2018” — Presiden

Kirab obor Asian Games 2018 tiba di Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/8) sore. Kedatangan Api Obor Asian Games tersebut dibawa oleh 17 mantan atlet dari berbagai cabang olahraga menuju tempat Relay Api Obor di depan gerbang bagian kiri Istana Merdeka untuk diserahkan kepada Presiden Joko Widodo yang didampingi Menpora Imam Nahrawi.(foto:kundimang/kemenpora.go.id)

Jakarta: Kirab obor Asian Games 2018 tiba di Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/8) sore. Kedatangan Api Obor Asian Games tersebut dibawa oleh 17 mantan atlet dari berbagai cabang olahraga menuju tempat Relay Api Obor di depan gerbang bagian kiri Istana Merdeka untuk diserahkan kepada Presiden Joko Widodo yang didampingi Menpora Imam Nahrawi.

“Saya serahkan api Asian Games 2018 kepada Preisden Republik Indonesia Bapak Jokowi,” kata Verawaty Fajrin peraih medali emas Asian Games 1978 dari cabang olahraga bulutangkis bersama Imelda Wiguna. “Saya terima api ini untuk memulai perhelatan besar Asian Games 2018,” jawab Presiden.

Selanjutnya, Presiden bersama Menpora berlari menuju tempat Relay Api Obor 2 di tangga depan Istana Merdeka untuk diserahkan kepada Ketua INASGOC Erick Thohir. “Semoga api Asian Games ini menjadi lambang dan simbol persahabatan, sportivitas dalam perhelatan Asian Game 2018,” ucap Presiden. 

Kemudian, Ketua INASGOC bersama  17 mantan atlet berlari  menuju tempat Relay  Api Obor 3 di Depan Gerbang Sayap Kanan Istana Merdeka yang berikutnya dibawa mantan atlet.

 

Dalam sambutannya, Menko PMK Puan Maharani mengatakan, api obor Asian Games ini telah melewati berbagai provinsi di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. “Dengan ini kami serahkan api Asian Games ke-18. Semoga Allah SWT memberi rahmat dan bimbingannya kepada kita semua,” ujar  Puan. 

Sebelum  dibawa ke Istana Negara di arak keliling Kota Jakarta. Di Jakarta, Obor Asian Games  melewati rangkaian akhir perjalanannya  sebelum dibawa menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dalam upacara pembukaan 18 Agustus 2018. 

Obor Asian Games  tiba di Jakarta, Rabu 15 Agustus 2018. Pada hari pertama, Kirab Obor Asian Games 2018  dimulai Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dilanjutkan ke Rawa Bambu, Jakarta Selatan. 

Setelah itu, Obor Asian Games dibawa ke Pintu Utama Kebun Binatang Ragunan, dilanjutkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan Kantor Walikota Jakarta Selatan. Kemudian tempat terakhir yang dikunjungi Obor Asian Games 2018 adalah Balai Kota DKI Jakarta.

Kemudian di hari kedua, Kamis 16 Agustus 2018, Kirab Obor Asian Games 2018  dimulai dari Balai Kota DKI Jakarta, dilanjutkan ke Kemayoran lewat Jl. H. Benyamin Suaeb. Pawai kemudian melewati Jl. Mangga Dua, Kelurahan Tanah Sereal. Obor Asian Games 2018 juga melewati Jalan Pintu Besar menuju Taman Kalijodo. Rute hari kedua  berakhir di Danau Sunter, Sunter Jakarta Utara.

Memasuki hari ketiga, Jumat 17 Agustus 2018, Kirab Obor Asian Games 2018  dimulai dari Danau Sunter Selatan-mengitari Wisma Atlet-Jalan Benyamin Sueb-Jalan RE Martadinata-Pintu Masuk Karnaval Ancol. Obor akan berlayar ke Pulau Untung Jawa lewat Mall ABC Ancol.

Setelah di Pulau Untung Jawa, obor akan kembali ke Monas Barat Daya lewat PRJ-Jalan Benyamin Sueb-Tanah Tinggi-Senen-Kwitang-Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan Medan Merdeka Barat  dan dilanjutkan menuju Istana Negara.(rep)

Sumber: http://www.kemenpora.go.id/index/preview/berita/12708