Timur Laut Lombok Timur Diguncang Gempa Berkekuatan 5,8 M

0
1

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 228.Pers/04/SJI/2019

Tanggal: 17 Maret 2019

Timur Laut Lombok Timur Diguncang Gempa Berkekuatan 5,8 M

Gempa bumi dengan kekuatan 5,8 Magnitudo siang tadi, Minggu (17/3) pada pukul 14:07 WIB mengguncang Timur Laut Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menginformasikan bahwa pusat gempa berada 24 KM Timur Laut Lombok Timur dan pada kedalaman 10 KM.

“Berdasarkan informasi dari BMKG pusat gempa bumi berada pada koordinat 8,30 ?LS dan 116,60?BT. Kemudian diikuti gempa bumi susulan pada pukul 14:09:19 WIB, dengan koordinat 8,51?LS dan 116,49?BT, kedalaman 11 KM, dengan jarak 7 KM Barat Laut Lombok Timur,” demikian ungkap Kepala PVMBG Kasbani, Minggu (17/3).

Berdasarkan analisis PVMBG, gempa bumi tersebut disebabkan akibat adanya asosiasi dengan sistem patahan normal di sekitar wilayah pusat gempa tersebut. Selain itu, kondisi geologi daerah yang terkena gempa bumi tersusun oleh batuan vulkanik yang berumur tersier, dan endapan aluvium yang berumur Kuarter.

PVMBG juga melaporkan intensitas kekuatan guncangan gempa bumi yang dirasakan sebesar IV MMI ( Modified Mercalli Intensity) di Pos Pengamatan Gunung Rinjani, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan II-III MMI di Pos Pengamatan Gunung Agung, Rendang, Provinsi Bali.

PVMBG mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami. (DAN)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)

Sumber: https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsip-berita/timur-laut-lombok-timur-diguncang-gempa-berkekuatan-58-m