Hadiri Acara Awarding Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019, Mendagri Terima Dua Penghargaan

0
1

Hadiri Acara Awarding Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019, Mendagri Terima Dua Penghargaan

Tanggal : 19 Jul 2019 09:00 Wib | Pengunjung : 5

“Semangatnya SI JUWITA adalah bagaimana kita membangun ekosistem agar kita tidak bekerja sendiri. Agar data kependudukan selalu ter-update, kami dibantu lembaga pemanfaat data kependudukan seperti Polri, BPJS, dsb” — Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Prof. Zudan Arif Fakrulloh

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, terima dua penghargaan di acara Awarding Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019 yang digelar Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) di Hotel Gumaya, Kota Semarang, Kamis (18/07/2019).

Dua penghargaan sarat gengsi itu didapatkan usai proposal inovasi pelayanan publik bidang administrasi kependudukan ‘SI JUWITA’ dan ‘SUPERTAJAM’ dinilai sangat baik oleh tim panelis independen.

Mengenai SI JUWITA, ia adalah singkatan untuk inovasi Pemanfaatan Data Kependudukan Terintegrasi Secara Online Untuk Mewujudkan Single Identity Number.

“Semangatnya (SI JUWITA) adalah bagaimana kita membangun ekosistem agar kita tidak bekerja sendiri. Agar data kependudukan selalu ter-update, kami dibantu lembaga pemanfaat data kependudukan seperti Polri, BPJS, dsb,” kata Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, Semarang, Kamis (18/07/2019)

Sedangkan ‘SUPERTAJAM’ adalah singkatan dari Penerapan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Sebagai Solusi Dalam Penerbitan Akta Kelahiran.

“SUPERTAJAM ini awalnya dibuat untuk mengakselerasi cakupan kepemilikan akta kelahiran. Terbukti saat ini cakupannya melebihi target nasional yang sebesar 85 persen,” lanjut Zudan.

Tak pelak, dua inovasi tersebut langsung menjadi sorotan dan dinilai sangat penting juga representatif dalam menghadirkan pemerintah untuk menjamin dan memudahkan masyarakat mendapatkan hak-haknya.

Mendagri, Tjahjo Kumolo, lantas mengekspresikan kegembiraannya. Ia senang dua inovasi yang diinisiasi Ditjen Dukcapil itu tidak hanya bermanfaat, tapi juga diakui kemanfaatannya dan masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019.

“Ini adalah bentuk apresiasi bagi kami dan jajaran, serta motivasi untuk tidak pernah lelah berinovasi melayani publik sebaik mungkin,” ungkapnya.

Sebagai tambahan informasi, penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menpan-RB, Syafruddin, yang turut disaksikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, selaku tuan rumah penyelenggara acara.

Puspen Kemendagri

Like

0

Dislike

0

Post Lainnya

Semarang- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengeluarkan surat pemberitahuan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengajuan Permohonan Izin Perjalanan Dinas Ke Luar Negeri. Surat tersebut tertuang dalam Nomor 009/5546/SJ yang ditujukan kepada…

Tanggal Publikasi: 19 Jul 2019 08:59 | 4 View

Jakarta – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan inisiasi untuk memediasi persoalan yang melibatkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dengan Pemerintah Kota Tangerang. Rapat mediasi tersebut dilaksanakan mulai pukul…

Tanggal Publikasi: 18 Jul 2019 17:50 | 39 View

JAKARTA – Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo dan Gubernur Banten Wahidin Halim sukses pimpin mediasi yang melibatkan Kementerian Hukum dan Asasi Manusia (Kemenkumham) dengan Pemerintah Kota Tangerang.

Tanggal Publikasi: 18 Jul 2019 17:47 | 39 View

Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Polri dan TNI sangat berperan dalam menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal itu diungkapkannya saat menjadi pembicara…

Tanggal Publikasi: 18 Jul 2019 13:01 | 35 View

Jatinangor- Direktur Managemen Penanggulanagan Bencana dan Kebakaran Kemendagri, Safrizal ZA menjalani sidang Promosi Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN Jatinangor. Sidang dilakukan di Gedung Program Pascasarjana IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, pada…

Tanggal Publikasi: 17 Jul 2019 20:34 | 81 View

Sumber: https://www.kemendagri.go.id/blog/32436-Hadiri-Acara-Awarding-Top-99-Inovasi-Pelayanan-Publik-2019-Mendagri-Terima-Dua-Penghargaan