Sosialisasi Tupoksi Jasa Raharja Jambi ke Orang Rimba/Suku Anak Dalam

0
0

Masih ingat tanggal berapa ulang tahun Jasa Raharja? Masih ingat di 2020 berapa usia Jasa Raharja? Masih ingat aku yang menunggu mu dirumah? #Janjisampairumah

Yups betul! Jasa Raharja kini berusia 59 Tahun di tanggal 1 Januari 2020 lalu. Nah, dalam rangka bertambahnya usia tersebut, sebagai bentuk hadir negara kepada masyarakat terdalam sedalam perasaan ku untukmu, Jasa Raharja mengadakan sosialisasi tugas dan fungsi Jasa Raharja di seluruh Indonesia.

Untuk Cabang Jambi sendiri, kegiatan sosialisasi diadakan Rabu, 19 Februari 2020 di pemukiman Suku Anak Dalam yang berlokasi di Desa Bukit Suban Spi, Air Hitam, Kabupaten Sarolangun , Jambi.. Ada yang tahu gak Suku Anak Dalam itu?

Masih ingat bulan Juli ditahun 2019 lalu Jasa Raharja Cabang Jambi menyerahkan santunan korban Meninggal Dunia akibat kecelakaan antar motor dan mobil yang korban tersebut merupakan Suku Anak Dalam bernama Alm. Qu dan Alm. Niti?

Suku Anak Dalam atau dikenal juga dengan Suku Kubu atau Orang Rimba adalah suatu suku bangsa minoritas yang hidup di pulau Sumatera yang salah satunya berada di provinsi Jambi.

Perjalanan yang ditempuh kurang lebih 3jam dari kota Jambi menuju ke Kabupaten Sarolangun dan tambahan 50km dari check point keramaian ke kawasan Suku Anak Dalam dengan melewati jalanan cukup ekstem kurang lebih sekitar 1,5jam. 

Saat sosialisasi Jasa Raharja berlangsung, antusias Suku Kubu sudah sangat terlihat dari mereka yang mengingat bentuk hadir negara Republik Indonesia kepada korban MD Suku Anak Dalam an Alm. Qu dan Alm. Niti melalui Jasa Raharja.

Bekerja sama dengan Komunitas Konservasi Indonesia Warsi yang menaungi Suku Anak Dalam membuat acara berjalan sangat lancar. Sosialisasi juga didampingi narasumber Kanit Laka Polres Kabupaten Sarolangun Bapak Aipda Jonson Purba serta dibukanya pelayanan kesehatan gratis bersama dengan Puskesmas Pematang Kabau.

Kegiatan juga dimeriahkan dengan sosialisasi penyuluhan Kesehatan Cuci Tangan dari Ibu-Ibu Persari Cabang Jambi yang memberi 30 bingkisan sabun, sikat gigi, pasta gigi, dll. Antusias dalam kegiatan ini dari Orang Rimba cukup tinggi dengan mempraktikkan bersama demo cara mencuci tangan sebagai dasar hidup sehat.

Jasa Raharja Cabang Jambi sendiri menyediakan 28 bingkisan yang dibagikan kepada Suku Anak Dalam. Selain itu Jasa Raharja juga memberikan souvenir menarik bagi peserta sosialisasi yang mampu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Nara Sumber yaitu berupa Helm agar pada saat berkendara tetap berkeselamatan dan terdapat Penyaluran Bantuan Bina Lingkungan Jasa Raharja berupa 30 tempat sampah kerumah-rumah penduduk.

Antusias Orang Rimba terhadap souvenir helm cukup unik dengan langsung mengenalan helm berlogo Jasa Raharja saat pulang kerumah masing-masing. Antusias bantuan bina lingkungan tempat sampah juga sangat terlihat dengan berebutnya pemilihan warna tempat sampah saat pembagian yang dibantu Tumenggung setempat.

Tujuan dari kegiatan ini selain untuk memperkenalkan Jasa Raharja ke daerah terdalam yaitu kepada Suku Anak Dalam juga untuk memberikan pemahaman kepada SAD tentang pentingnya berkendara yang berkeselamatan.

Eva Yuliasta menyampaikan, “Dari kegiatan sosialisasi kali ini diharapkan tujuan pemberian sosialisasi ke daerah pelosok, terpencil dan terdalam sangat tepat sasaran yaitu kepada Suku Anak Dalam yang ada di Kabupaten Sarolangun Jambi ini. Tidak muluk-muluk, setidaknya mereka pernah mendengar kata Jasa Raharja dan mereka tahu bahwa mereka terjamin saat berkendara.”

Sumber: https://www.jasaraharja.co.id/berita/info-utama/sosialisasi-tupoksi-jasa-raharja-jambi-ke-orang-rimba-suku-anak-dalam.html