BPKP Maluku Pantau Proyek Pengembangan Infrastruktur di Desa Waimital

0
0

Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

BPKP Maluku Pantau Proyek Pengembangan Infrastruktur di Desa Waimital27 Juli 2020 08:27:18 / maluku1 / dibaca: 62 kali / Kat: Audit

Ambon (21/7) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Rizal Suhaili didampingi tim teknis bidang Instansi Pemerintah Pusat (IPP) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Kunjungan tersebut dalam rangka monitoring progres pembangunan jalan dan gorong-gorong salah satu desa yang berada di Kabupaten SBB.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Wika Dua melaksanakan Program Padat Karya Tunai (PKT) melalui Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) di Kabupaten SBB yang anggarannya berada di Direktorat Jenderal Cipta Karya. Kegiatan tersebut berupa pembangunan jalan perkerasan sirtu dan juga pembangunan gorong-gorong dengan nilai konstruksi sebesar Rp389 juta. 

Proyek pembangunan jalan dan gorong-gorong tersebut berlokasi di sebuah desa bernama Desa Waimital, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, kedatangan Kepala Perwakilan Rizal Suhaili bersama tim langsung disambut baik oleh pendamping desa setempat. Bersama pendamping desa, Kepala Perwakilan dan tim diajak berkeliling untuk meninjau perkembangan pembangunan jalan yang membentang sepanjang 708 meter dengan lebar jalan 3,5 meter. Pembangunan jalan tersebut menggunakan metode aplikasi perkerasan sirtu dimana membutuhkan sistem drainase yang sangat baik. Nantinya jalan tersebut digunakan untuk memudahkan pengangkutan hasil pertanian.

Setelah itu, tim langsung menuju ke lokasi proyek pembangunan gorong-gorong yang berjumlah 7 unit. Gorong-gorong ini dibuat untuk mengantisipasi banjir di beberapa titik rawan banjir di Desa Waimital. Dengan penambahan gorong-gorong ini diharapkan dapat menekan intensitas terjadinya banjir. Kepala Perwakilan Rizal Suhaili mengatakan jika setelah rampungnya pembangunan gorong-gorong ini diharapkan dapat dijaga dengan baik dengan dibersihkan secara berkala. “Saya harap ini (gorong-gorong) bisa dibersihkan secara berkala ya setelah rampung pengerjaannya. Jadi saat hujan tidak akan banjir,” pesan Kepala Perwakilan.

Dalam kesempatan itu pula, Kepala Perwakilan juga mendorong pihak pelaksana agak progres yang sudah berjalan bisa diselesaikan tepat waktu dan tepat guna, segala kendala yang terjadi dapat segera dilaporkan serta cepat diatasi. Kepala Perwakilan menambahkan jika Desa Waimital ini memang berhak mendapatkan program PISEW karena memiliki kriteria yakni sebagai kecamatan atau desa yang berpotensi berbasis agropolitan, sehingga memungkinkan terjadinya peningkatan sektor ekonomi bagi masyarakat dan rencana tata ruang desa yang searah dengan pemerintah kabupaten/kota. 

(Kominfo BPKP Maluku) 

Share      

Berita Terkait:

27 Juli 2020 16:09:02 / adminkita / dibaca: kali / Kat: AuditBPKP Siap Kawal Tata Kelola Akuntabilitas Riset dan Inovasi24 Juli 2020 13:35:59 / riau1 / dibaca: kali / Kat: AuditKPK Apresiasi Pengawalan BPKP Riau Terhadap Kegiatan Pemda22 Juli 2020 15:19:28 / adminkita / dibaca: kali / Kat: AuditBantuan Sosial Produktif Bantu UMKM21 Juli 2020 11:12:09 / ntb1 / dibaca: kali / Kat: AuditBPKP NTB Konsisten Pantau Penyaluran Paket Sembako21 Juli 2020 11:05:54 / riau1 / dibaca: kali / Kat: AuditBPKP dan BPK Bersinergi Awasi Penyaluran Bansos di Riau

Sumber: http://www.bpkp.go.id/berita/read/25575/5/BPKP-Maluku-Pantau-Proyek-Pengembangan-Infrastruktur-di-Desa-Waimital.bpkp