Pranata Hubungan Masyarakat Harus Memiliki Pola Pikir Jurnalis

0
0

“Pranata Hubungan Masyarakat Harus Memiliki Pola Pikir Jurnalis”Jakarta – Humas BKN, Pranata Hubungan Masyarakat (Prahum) harus memiliki mindset atau pola pikir Jurnalis, harus mencari nilai berita dan kritis terhadap semua kegiatan. Hal itu disampaikan Fahri Zakaria saat menjadi pembicara pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Produksi Konten Web dan Media Sosial yang diselenggarakan oleh Forum Pranata Humas (Fortamas) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui aplikasi daring, Senin (3/8/2020).

“Di LIPI, kami memiliki database kontak kepakaran, peneliti, dan sekretaris pimpinan. Hal itu untuk mendukung kami dalam memproduksi sebuah konten agar tidak kehilangan momentum. Deadline konten, dalam hal ini berita, adalah 1 x 24 jam” — Fahri

Lebih lanjut, Fahri menekankan jika web dan media sosial instansi adalah sarana komunikasi publik. “Di LIPI, kami sudah meminimalkan pemberitaan dari sudut pandang event. Sebisa mungkin, yang diangkat adalah substansi acara dan isu lain yang menurut kami penting untuk disampaikan ke publik”.

Fahri mencontohkan, saat ada kegiatan di suatu lokasi beberapa waktu lalu, isu yang kami angkat adalah sosok pegawai LIPI yang selama ini kurang mendapatkan exposure. “Dan ternyata isu tersebut adalah isu yang paling tinggi engagement-nya,” jelas Fahri.

Selain pola pikir, Fahri juga menyinggung tentang pentingnya sebuah momentum. “Di LIPI, kami memiliki database kontak kepakaran, peneliti, dan sekretaris pimpinan. Hal itu untuk mendukung kami dalam memproduksi sebuah konten agar tidak kehilangan momentum. Deadline konten, dalam hal ini berita, adalah 1 x 24 jam,” ucap Fahri.

Terakhir, Fahri mengingatkan pentingnya elemen-elemen pada sebuah berita dan nilai berita yang terdiri dari figur, aktual, dampak, keunikan, proximity. Fahri juga memberikan tips bagi Prahum saat melakukan kegiatan jurnalistik, yakni (1) Mencatat lebih baik dari merekam; (2) Cari satu quote kunci sebagai ide utama tulisan; (3) Tuangkan dalam judul, kembangkan di lead, lengkapi di body text; (4) Hindari kalimat pasif; dan (5) Cobalah untuk membaca judul dan tiap kalimat berita dalam satu tarikan nafas.

Saat membuka kegiatan Bimtek tersebut, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama LIPI, Mila Kencana mengingatkan bahwa Prahum memiliki peran strategis sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) pendukung yang dapat melakukan edukasi kinerja pemerintah. “Salah satu contoh adalah isu tentang kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia. Dengan ikut menyebarluaskan informasi protokol pandemi Covid-19 kepada masyarakat, peran Prahum sangat strategis untuk memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19. ber

Sumber: https://www.bkn.go.id/berita/pranata-hubungan-masyarakat-harus-memiliki-pola-pikir-jurnalis