Sinergi Persiapan Workshop Mengoptimalkan Medsos

0
0

Jakarta – Penggunaan media sosial (medsos) saat ini terus berkembang dengan pesat. Hal ini sejalan dengan semakin mudah dan terjangkaunya akses internet bagi banyak orang. Medsos dijadikan tempat untuk mempromosikan produk, sharing kegiatan sehari-hari, hingga membangun image sebuah organisasi. Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melihat peluang positif dalam memanfaatkan medsos untuk membangun image positif Kemenkumham.

“Sudah dapat dipastikan kalau yang mengikuti workshop bukan pegawai yang mengelola medsos, pegawai tersebut tidak akan bisa fokus, dan kembali ke tempat bertugas tidak membawa efek apa-apa, dan tidak bisa transfer ilmu ke rekannya” — Tubagus

Kemenkumham memiliki banyak potensi untuk diinformasikan kepada publik, akan tetapi kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghasilkan konten yang menarik bagi publik dirasa masih kurang. Untuk meningkatkan kualitas SDM dalam menggunakan medsos, Biro Humas bekerja sama dengan Friedrich Naumann Stiftung (FNS), sebuah Non Governmental Organization (NGO) dari Jerman, berencana menyelenggarakan Workshop Mengoptimalkan Medsos.

Agar kegiatan workshop tepat sasaran, Biro Humas mengadakan rapat secara virtual yang melibatkan Humas Unit Eselon I di lingkungan Kemenkumham, untuk mendapatkan usulan dan masukan akan materi yang akan disampaikan saat workshop. “Kami mengharapkan masukan dari bapak/ibu peserta rapat, akan materi apa saja yang dibutuhkan dalam Workshop Mengoptimalkan Medsos,” ujar Kepala Bagian Kerja Sama Luar Negeri (Kabag KLN), Youngest Non Itah di Ruang Rapat Biro Humas, Jakarta, Selasa (15/09/2020).

Selanjutkan Kabag KLN berharap agar peserta perwakilan humas unit eselon I, yang nantinya akan mengikuti workshop adalah pegawai yang mempunyai minat dalam mengelola medsos. “Kami harap humas unit eselon I dapat mengirimkan wakilnya yang memang benar-benar memiliki passion di bidang kehumasan, khususnya admin medsos,” tandas Youngest.

Senada dengan Kabag KLN, Kabag Humas, Tubagus Erif Faturahman juga berharap agar perwakilan dari unit eselon I yang akan hadir mengikuti workshop adalah pegawai yang memang bertugas mengelola medsos. “Sudah dapat dipastikan kalau yang mengikuti workshop bukan pegawai yang mengelola medsos, pegawai tersebut tidak akan bisa fokus, dan kembali ke tempat bertugas tidak membawa efek apa-apa, dan tidak bisa transfer ilmu ke rekannya,” ucap Tubagus.

Dari rapat persiapan ini, didapat beberapa masukan akan materi yang diinginkan unit eselon I dalam Workshop Mengoptimalkan Medsos, seperti membuat infografis, videografis, hingga standarisasi konten yang menarik bagi publik. Workshop Mengoptimalkan Medsos nantinya juga dapat diikuti oleh publik. Rencananya workshop juga akan disiarkan melalui Zoom Meeting, dan live streaming. (Zaka)

Sumber: https://www.kemenkumham.go.id/berita/sinergi-persiapan-workshop-mengoptimalkan-medsos