22 C
Malang
Sabtu, Oktober 5, 2024
TopikPerang di Berbagai Platform Media: Khofifah Paling Popular, Risma Tempati Posisi Kedua

Perang di Berbagai Platform Media: Khofifah Paling Popular, Risma Tempati Posisi Kedua

Khofifah Paling popular
Khofifah paling popular di berbagai media platform. Nomor dua ditempati oleh Tri Rismaharini. Foto:Instagram/Canva
MAKLUMAT – Khofifah Indar Parawansa adalah figur paling popular di berbagai platforrm media. Posisi kedua ditempati Tri Rismaharini, dan Emil Elestianto Dardak. Tiga tokoh Jawa Timur ini akan bertarung dalam kontestasi Pilgub Jatim, 27 November 2024.
Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan, nama Khofifah paling popular dengan nangkring di posisi tertinggi paling yang sering dilihat responden di televisi (tv). Angkanya  mencapai 48,3 persen.

“Kemudian Bu Risma 30,2 persen dan Mas Emil 20,4 persen di tiga teratas. Nama-nama lain, Bu Luluk 2,8 persen, Mas Lukman 2,0 persen, dan Gus Hans 0,8 persen. Sementara 45,2 persen responden mengaku belum pernah melihat nama-nama tersebut di televisi,” kata Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia, Rizka Halida dikutip dari keterangan resminya, Ahad (29/9/2024)

Sebagai informasi, popularitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jatim ini merupakan bagian dari rilis survei terbari Indikator Politik.

Pilgub Jatim 2024 diikuti, paslon nomor urut 1 Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim (LUMAN) diusung PKB, nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak diusung hingga 14 parpol.

Pasangan nomor urut tiga, Tri Rismaharini (Risma) dan Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) yang diusung gabungan PDIP dengan Hanura.

Rizka Halida menjelaskan, di portal berita online, nama Khofifah paling popular atau sering muncul (18,1 persen), disusul Risma 12,5 persen dan Emil 8,7 persen.

“Nama-nama lain, Bu Luluk hanya 1,1 persen, Gus Hans 0,9 persen, dan Mas Lukman 0,7. Responden yang mengaku tidak pernah melihat nama-nama tersebut di portal berita online masih cukup tinggi 75,8 persen,” ungkap Rizka.

Pada sosialisasi melalui platform WhatsApp Group (WAG), posisi tiga teratas tidak berubah, Khofifah (7,3 persen), Risma (4,7 persen) dan Emil (3,2 persen). Namun, 90,4 persen responden mengaku belum pernah melihat nama-nama tersebut di WA atau WAG.

Di platform YouTube posisi tiga teratas juga tidak berubah. Kendati jumlah responden yang mengaku belum pernah melihat nama-nama calon tersebut berada di angka 74,8 persen.

Khofifah di atas dengan 19,2 persen, disusul Risma 13,7 persen dan Emil 9,6 persen. Sementara Luluk dan Lukman tercecer masing-masing dengan hanya 0,8 persen dan Gus Hans hanya 0,4 persen.

Sementara di platform Facebook, Khofifah masih di atas dengan 9,3 persen, Risma membuntuti di belakangnya dengan 6,1 persen dan Emil 4,8 persen. Sebanyak 87,8 persen responden mengaku belum pernah melihat mereka di Facebook.

Popularitas di Instagram

Kemudian, di Instagram yang merupakan salah satu platform paling populer belakangan, nama Khofifah masih unggul dengan 9,2 persen, disusul Risma 7,3 persen dan Emil 5,1 persen.

“Bu Luluk 0,7 persen, Gus Hans 0,5 persen dan Lukman 0,1 persen. Angka responden yang belum pernah melihat mereka di Instagram masih sangat tinggi 85,7 persen,” ungkap Rizka.

Di platform TikTok, urutan tiga teratas masih sama, Khofifah leading dengan 14,6 persen, Risma 10,8 persen dan Emil 8,6 persen. Di bawahnya ada Gus Hans 0,8 persen, Luluk 0,7 persen, serta Lukmanul Khakim 0,5 persen. Sebanyak 79,1 persen mengaku belum pernah melihat nama-nama tersebut berseliweran di TikTok.

Hal berbeda tampak di platform X atau Twitter. Meskipun sebanyak 96,1 responden mengaku tidak pernah melihat sosialisasi dari nama-nama tersebut.

Pada platform X, Risma leading dengan hanya 2,4 persen, disusul Khofifah 1,7 persen, dan Emil 0,9 persen. Selanjutnya, Gus Hans hanya 0,3 persen, lalu Luluk dan Lukman masing-masing 0,1 persen.

Sosialisasi Langsung dan APK

Selain dari variabel-variabel tersebut, Indikator juga melakukan survei terhadap sosialisasi tatap muka atau pertemuan secara langsung antara calon dengan masyarakat.

92,3 persen responden mengaku belum pernah mengikuti sosialisasi atau pertemuan langsung dengan nama-nama calon Pilgub Jatim 2024. Meski begitu, Khofifah unggul pada variabel ini dengan 5,9 persen. Risma dan Emil menguntit di belakangnya, masing-masing dengan 1,4 persen.

“Nama-nama lain, Mas Lukman, Gus Hans, maupun Mbak Luluk masih sedikit bertatap muka dengan masyarakat,” papar Rizka.

Sedangkan sosialisasi melalui spanduk, baliho, ataupun stiker, Khofifah juga masih berada di urutan teratas dengan 28,4 persen bersama dengan Emil (9,4 persen).

Risma membuntuti di belakangnya dengan 8,0 persen dan Gus Hans 2,5 persen. Sedangkan Luluk (0,6 persen) dan Lukman (0,5 persen) tertinggal cukup jauh di belakang.

Meski begitu, sebanayak 65,8 persen responden mengaku belum familiar atau belum melihat spanduk-spanduk, baliho-baliho, ataupun stiker dari nama-nama tersebut.

Elektabilitas Paslon Pilgub Jatim 2024

Survei Indikator Politik Indonesia juga merilis terkait elektabilitas ketiga paslon Pilgub Jatim 2024.

Dalam simulasi tiga paslon, elektabilitas Khofifah-Emil berada di angka 61,2 persen, disusul pasangan Tri Rismaharini (Risma) dan Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) di angka 26 persen.

Sedangkan paslon yang diusung parpol pemenang Pileg Jatim 2024, PKB, Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim (LUMAN) tertinggal jauh di posisi buncit hanya dengan 2,2 persen.

Namun, ada 0,5 persen responden memilih golput, serta 10,2 persen responden tidak menjawab atau tidak tahu.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer