21.9 C
Malang
Sabtu, Oktober 19, 2024
RagamMuseum Sejarah Alam: Cantiknya Satwa Liar dalam Bingkai Kamera

Museum Sejarah Alam: Cantiknya Satwa Liar dalam Bingkai Kamera

Museum sejarah alam mengumumkan Wildlife Photographer of the Year 2024. Foto kecebong kodok barat berenang di Danau Cedar memenangkan penghargaan utama. Shane Gross/NHM

MAKLUMATMuseum Sejarah Alam atau National History Museum (NHM) baru saja mengumumkan sejumlah fotografer yang meraih penghargaan dalam ajang Wildlife Photographer of the Year 2024.

Salah satu nama yang mencuat adalah Shane Gross, seorang jurnalis foto asal Kanada. Gross dinobatkan sebagai pemenang utama berkat karyanya yang menampilkan kecebong kodok barat berenang di Danau Cedar, Pulau Vancouver.

Gross harus menyelam selama beberapa jam di antara daun teratai. Ia berupaya meminimalkan gangguan pada lapisan lumpur dan alga di dasar danau.

Karine Aigner membidik pertarungan anakonda yang melilitkan ekor ke moncong buaya jenis kaiman. Karine Aigner/NHM

Selain Gross, fotografer Rusia, Igor Metelskiy, mendapat penghargaan lain saat membidik seekor lynx atau kucing kutub sedang meregangkan tubuh. Metelskiy menghabiskan waktu enam bulan untuk menangkap momen langka ini di Distrik Lazovsky.

Tidak kalah dramatisnya, Karine Aigner memotret pertarungan antara seekor anakonda dan buaya jenis kaiman di Brasil. Ia membidik anakonda yang melilitkan ekornya ke moncong buaya, sementara lalat penghisap darah terlihat hinggap di reptil itu.

Fotografer asal Kanada lainnya, John E. Marriott, meraih penghargaan kategori Animal Portraits.

Dia menangkap momen seekor lynx sedang melindungi anaknya dari cuaca dingin di wilayah Yukon, Kanada. Marriott harus melacak keberadaan lynx tersebut selama sepekan sebelum mengabadikannya.

Seekor lynx melindungi anaknya dari badai salju. John E. Marriott/NHM

Pentingnya Konservasi Alam

Direktur NHM, Dr. Doug Gurr, menyatakan bahwa ajang Wildlife Photographer of the Year semakin menunjukkan pentingnya konservasi alam.

“Kami sangat bangga dapat menampilkan gambar-gambar yang menginspirasi tahun ini. Foto-foto ini tidak hanya mendorong upaya lebih lanjut dalam melindungi satwa liar, tetapi juga mendorong masyarakat menjadi pembela sejati di planet ini,” ujarnya seperti dikutip dari Daily Mail.

NHM mencatat tahun ini menjaring 59.228 peserta dari 117 negara. Foto-foto yang mendapat penghargaan tak lepas dari karya yang mengedepankan komposisi artistik, inovasi teknis, dan interpretasi tentang dunia alam.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer