29.4 C
Malang
Jumat, Oktober 18, 2024
KilasAlasan PKS Usung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Alasan PKS Usung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Pasangan Khofifah dan Emil selepas menerima dukungan PKS

PRESIDEN Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengungkapkan alasan partainya memutuskan mendukung pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak untuk kembali maju menjadi calon gubernur dan wakil gubernur di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Timur tahun 2024.

Syaikhu memaparkan, dukungan terhadap pasangan petahana ini diberikan lantaran keduanya, Khofifah-Emil diketahui tidak terpecah selama menjabat dan memimpin Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam lima tahun ke belakang. Hal itu disebut menjadi poin plus karena keduanya mampu bekerja secara bersinergi, hingga membuat program-program berjalan baik.

“Dengan alasan itu, usulan dukungan dari pengurus PKS tingkat daerah disetujui di tingkat pusat. Keduanya tidak terpecah di tengah jalan ya, dan ini yang kita patut apresiasi. Sehingga dengan ini ke depan mudah-mudahan akan terus bisa sinergis,” katanya selepas seremoni penyerahan dukungan PKS ke Khofifah-Emil di Kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Menurut dia, contoh sinergitas duet Khofifah-Emil perlu dikembangkan di daerah-daerah lainnya di Jatim. Hal itu agar kepala daerah dan wakilnya bisa sama-sama berjalan beriringan dan berkolaborasi.

Selain itu, lanjut dia, PKS mendukung pasangan petahana tersebut karena melihat adanya program Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren). Program yang memihak kepada pesantren itu membuat pondok pesantren memiliki kekuatan ekonomi.

“Kalau dulu di 2018 kita tidak mendukung pasangan Khofifah-Emil, ya ada pertimbangan sendiri. Tapi proses perjalanan kita lihat bahwa kinerja beliau dalam pemerintahan daerah ini bagus,” ungkapnya.

Sementara, Bakal Calon Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak mengatakan sejauh ini kerja sama antara pihaknya dengan PKS saat memimpin Jawa Timur cukup intens walaupun partai tersebut tidak mendukungnya di pilkada lalu.

Bahkan, kata dia, Khofifah pun berpesan agar dirinya selalu menyempatkan hadir dalam kegiatan PKS jika Khofifah berhalangan hadir. Untuk itu, dia mengaku termotivasi untuk bersama-sama dengan PKS jika memenangkan Pilkada Jatim.

“Amanah hari ini tentunya menjadi sebuah mandat agar kita berjuang insya Allah memenangkan pilgub yang akan datang,” tandasnya.

Reporter: Ubay NA

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer