19.6 C
Malang
Kamis, September 19, 2024
KilasRido Kurnianto Resmi Dilantik sebagai Rektor UMPO 2024-2028

Rido Kurnianto Resmi Dilantik sebagai Rektor UMPO 2024-2028

Pelantikan Rido sebagai Rektor UMPO periode
Prosesi pelantikan Rido Kurnianto sebagai Rektor UMPO periode 2024-2028

Dr. RIDO Kurnianto, M.Ag, resmi menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) periode 2024-2028. Pelantikan Rido dilakukan Wakil Ketua Pimpinan Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Achmad Jainuri di Expotorium UMPO, Ponorogo, Jumat (16/8/2024).

Prosesi pelantikan Rido berlangsung khidmat disaksikan oleh Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Irwan Akib. Rido dilantik menggantikan Dr Happy Susanto M.A, yang telah menyelesaikan masa jabatannya sebagai Rektor UMPO periode 2020-2024.

Irwan Akib dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Happy Susanto atas dedikasinya dalam memimpin UMPO selama masa-masa sulit menghadapi pandemi COVID-19.

“Terima kasih kepada Dr. Happy Susanto atas pengabdian dan kepemimpinan yang ditunjukkan di tengah tantangan pandemi. Kini, tanggung jawab berat berada di pundak Dr. Rido Kurnianto. Kami berharap beliau dapat membawa UMPO menuju kemajuan yang lebih signifikan,” ujarnya.

Sementara, Rido dalam pidato perdananya sebagai Rektor menyampaikan rasa hormat kepada para pendahulu yang telah merintis UMPO. Ia lalu menyebut tokoh-tokoh penting dalam sejarah UMPO, seperti Muh. Mansur Abdul Hadi, Mangun Utomo, Setio Adji, Zainun Sofwan, Sulton, hingga Dr. Happy Susanto.

“Mereka adalah sosok yang mengawali perjuangan besar ini, dan tugas kita adalah melanjutkan dan memperkuat capaian mereka,” ucap Rido.

Rido menegaskan, pelantikan ini bukan sekadar seremoni, melainkan ikrar yang mengandung tanggung jawab dunia dan akhirat. Ia juga menyatakan bahwa mandat sebagai Rektor bukanlah milik pribadinya, melainkan amanah bersama sivitas akademika UMPO dan Persyarikatan Muhammadiyah.

“Kami berkomitmen untuk melanjutkan berbagai prestasi yang telah diraih pendahulu. Tantangan ke depan memang tidak ringan, tetapi kami optimistis dengan dukungan kuat dari seluruh elemen kampus dan Muhammadiyah,” tutur Dr. Rido.

Ia menambahkan, dirinya terbuka terhadap kritik dan saran dari berbagai pihak. “Jika kami menyimpang dari ridha Allah, mohon ditegur. Namun, jika kami berada dalam ridha Allah, mohon dukungan dan kerjasamanya,” katanya.

Pelantikan ini dihadiri oleh sejumlah pimpinan fakultas, dosen, mahasiswa, serta perwakilan dari berbagai elemen Muhammadiyah. Suasana khidmat dan penuh semangat kebersamaan tampak mewarnai acara pelantikan tersebut.

Koordinator Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Ponorogo Darmanto Saputro menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Rido sebagai Rektor UMPO periode 2024-2028.

“Segenap Angkatan Muda Muhammadiyah Ponorogo, mengucapkan selamat mengemban amanah, Ayahanda Dr. Rido Kurnianto, M.Ag. semoga dimudahkan segala urusan dan pertolongan Allah dalam memajukan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Dengan pelantikan ini, Dr. Rido Kurnianto resmi mengemban tugas sebagai Rektor UMPO untuk periode 2024-2028. Berbagai tantangan baru menanti, namun dengan visi yang jelas dan kolaborasi seluruh elemen kampus, UMPO diharapkan terus maju dan berkontribusi lebih besar bagi masyarakat.

Reporter: Ubay NA

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer