19.6 C
Malang
Kamis, September 19, 2024
KilasFadli Zon Tegaskan Komitmen IAPF Perkuat Kerja Sama Indonesia-Afrika

Fadli Zon Tegaskan Komitmen IAPF Perkuat Kerja Sama Indonesia-Afrika

Fadli Zon saat berpidato penutupan Indonesia-Africa Parliamentary Forum/IAPF), Ahad (1/9/2024). Foto:IST

MAKLUMAT –  Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP), Fadli Zon membacakan hasil rekomendasi Forum Parlemen Indonesia-Afrika (Indonesia-Africa Parliamentary Forum/IAPF) 2024 yang digelar di Nusa Dua, Bali, Ahad (1/9/2024).

Wakil Ketua DPR RI juga menegaskan komitmen parlemen Indonesia untuk memperkuat kerja sama antar parlemen dengan negara-negara Afrika. Kerja sama dilakukan pada bidang pengembangan kapasitas, perancangan undang-undang, inovasi teknologi di parlemen, pertukaran informasi, dan publikasi media.

“Upaya ini ditujukan untuk mengoptimalkan peran sekretariat parlemen dalam rangka mencapai komitmen dan tujuan yang digariskan dalam dokumen ini,” ujar Fadli Zon saat Closing Ceremony IAPF, Ahad (1/9/2024).

Fadli menyebut, selama diskusi yang aktif antar parlemen menegaskan kembali komitmen untuk memperkuat hubungan politik, sosial, dan ekonomi antara Indonesia dan negara-negara Afrika, juga menekankan pentingnya Semangat Bandung sebagai landasan solidaritas dan membangun kerja sama selatan-selatan yang kuat, berkelanjutan dan inklusif.

“Sepakat untuk bekerja sama dalam isu-isu seperti pendidikan, budaya, pariwisata berkelanjutan, pemberdayaan perempuan dan pemuda, sumber daya manusia dan pengembangan masyarakat,” sambung politisi Partai Gerindra itu.

Fadli juga menyebut Forum IAPF 2024 menekankan urgensi inisiatif sukarela untuk mempercepat pencapaian dan implementasi atas tujuan pembangunan berkelanjutan. Forum juga menyatakan komitmen penuh untuk mendukung agenda Afrika 2063 dan visi Indonesia Emas 2045.

“Demi perdamaian dan keamanan, pembangunan sosial dan ekonomi yang inklusif, serta masyarakat yang tangguh,” tandasnya.

Tak hanya itu, Fadli juga menyampaikan sejumlah kesepakatan penguatan di beberapa sektor lain, seperti keamanan pangan, jaminan Kesehatan, pertumbuhan ekonomi eksklusif, kemitraan perdagangan dan investasi, serta energi terbarukan.

Untuk diketahui, IAPF 2024 adalah forum dialog antara parlemen Indonesia dengan parlemen negara-negara Afrika. Pada perhelatan yang pertama di Nusa Dua, Bali ini diikuti oleh delegasi dari 21 negara.

Agenda IAPF tersebut digelar serangkaian beserta gelaran Forum Tingkat Tinggi (FTT) Indonesia-Afrika (Indonesia-Africa Forum) dan Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak (High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnerships), yang juga diselenggarakan di Nusa Dua, Bali hingga 3 September 2024 nanti.

Serangkaian agenda tersebut akan melibatkan delegasi-delegasi dari negara-negara Afrika serta negara Global South lainnya, yang diperkirakan bakal diikuti hingga 1.500 peserta.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer