26.2 C
Malang
Sabtu, Maret 2, 2024
KilasAbdul Mu'ti Tegaskan Dialog Terbuka Muhammadiyah Bukan Ujian untuk Capres-Cawapres

Abdul Mu’ti Tegaskan Dialog Terbuka Muhammadiyah Bukan Ujian untuk Capres-Cawapres

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof Abdul Mu’ti

SEKRETARIS Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Abdul Mu’ti menyatakan, acara dialog terbuka yang diadakan PP Muhammadiyah ini bukanlah sebuah uji publik terhadap calon Presiden (Capres)-Calon Wakil Presiden (Cawapres). Melaikan hanya bagian dari edukasi politik menyosong pesta demokrasi 2024 mendatang.

“Ini bukan uji publik karena tidak ada ujian. Kalau ujian berarti nanti ada yang lulus dan ada yang tidak lulus,” kelakar Prof Mu’ti disambut tawa dan tepuk tangan audiens dalam dialog terbuka yang digelar di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Rabu (22/11/2023).

PP Muhammadiyah mengawali Dialog Publik bersama pasangan calon Presiden (Capres) Anies Baswedan dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Muhaimin Iskandar. Pasangan dengan nomor urut 1 tersebut hadir mengenakan setelan jas.

Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu melanjutkan, acara tersebut juga bukanlah sebuah kegiatan kampanye bagi capres-cawapres. Meskipun,dialog publik menghadirkan para kandidat capres-cawapres yang akan bersaing dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang. “Ini juga bukan acara kampanye, karena memang belum masanya kampanye,” sambungnya.

Prof Mu’ti mengungkapkan, dialog publik bersama capres-cawapres yang digelar secara terbuka dan diikuti oleh ribuan audiens itu adalah sebuah dialog bersama, sebagai bagian dari ikhtiar Muhammadiyah dalam melakukan literasi dan edukasi politik menuju pesta demokrasi Pemilu 2024.

“Ini adalah acara dialog, menjadi bagian dari upaya kita untuk melakukan literasi dan edukasi politik, agar kita menentukan pilihan secara tepat, melihat program-programnya, menganalisis dengan kecerdasannya,” jelasnya.

Sebagai informasi, paslon AMIN adalah yang pertama mendapatkan ‘jatah’ untuk melakukan Dialog Terbuka dengan Muhammadiyah. Kedua pasangan diminta memaparkan visi, misi, dan program-programnya. Kemudian,  direspons oleh para panelis yang terdiri atas Dr KH Saad Ibrahim, Prof Sofyan Anif, Prof Siti Zuhro, Prof Aidul Fitri, serta Prof Zuli Qodir.

Setelah AMIN, paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan melakukan dialog terbuka dengan Muhammadiyah yang akan digelar di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) pada Kamis (23/11/2023) besok. Sehari berselang, Jumat (24/11/2024), paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan hadir dalam dialog publik di Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya.(*)

Reporter: Ubay NA

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer