31.3 C
Malang
Kamis, Juli 18, 2024
KilasAhmad Labib, Wajah Baru Lolos ke Senayan dari Dapil Lamongan-Gresik

Ahmad Labib, Wajah Baru Lolos ke Senayan dari Dapil Lamongan-Gresik

Ahmad Labib

REKAPITULASI suara pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 tingkat kabupaten untuk daerah pemilihan (Dapil) Lamongan dan Gresik telah rampung. Dua kabupaten yang tergabung dalam Dapil Jatim X untuk pemilihan anggota legislatif (Pileg) DPR RI itu telah memunculkan nama-nama yang akan melenggang ke Senayan, Jakarta, merujuk Gedung DPR RI.

Dari 6 kursi yang diperebutkan di dapil tersebut, terdapat beberapa nama baru yang menarik untuk diikuti kiprahnya. Salah satunya adalah kader Muhammadiyah, Ahmad Labib yang berangkat dari Partai Golkar.

Kiprah Labib di lingkungan Muhammadiyah tidak perlu diragukan. Dia dulu adalah aktivitas Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya. Selain itu, Labib juga tercatat pernah menjadi Wakil Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Jawa Timur di periode 2012-2014. Selain itu, Ia juga pernah menjabat Ketua PP Pemuda Muhammadiyah di periode 2014-2018.

Tak hanya aktif di organisasi otonom Muhammadiyah (ortom), Labib juga merupakan Wakil Sekretaris Majelis Ekonomi PP Muhammadiyah periode 2015-2022, serta Bendahara Lembaga Pembinaan Haji dan Umroh PP Muhammadiyah.

Dalam Pileg 2024 di Dapil Jatim X, Labib tercatat memperoleh 21.803 suara di Gresik dan 56.371 suara di Lamongan. Sehingga total perolehan suara pribadinya adalah 78.174 suara. Di luar dugaan, perolehan suara Labib mampu mengungguli incumbent Dyah Roro Esti dan menjadi yang tertinggi di Golkar, sehingga memastikan dia menduduki kursi yang didapatkan partai berlambang pohon beringin itu.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara Pemilu yang telah menyelesaikan seluruh tahapan secara sukses dan lancar. Alhamdulillah kepercayaan masyarakat Lamongan-Gresik begitu besar,” ujar pria yang pernah menjadi dosen di Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya itu.

“Perolehan tersebut merupakan kerja bersama dan saya mengucapkan terima kasih kepada Ketum Golkar, Pak Airlangga. Kerja keras beliau yang membuat Golkar di semua level begitu bergairah dan mengalami peningkatan yang signifikan,” lanjut Labib.

Selain aktivitasnya di internal Muhammadiyah dan ortom, Labib tercatat pernah menjabat Wakil Direktur BPJKD (Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Daerah) Pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun 2011-2015, Sennior Assistant Professional di Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Republik Indonesia tahun 2015-2019, serta Direktur Puspeknas (Pusat Pengkajian Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Nasional) tahun 2019-2021.

Tak hanya itu, pria berkacamata kelahiran Lamongan, 11 Februari 1979 itu juga adalah Founder sekaligus CEO Mina Bumi Group. Dia kini juga menjabat Bendahara Umum DPP Satuan Karya Ulama Partai Golkar periode 2021-2026, serta Bendahara Umum Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) periode 2022-2027.

Sebagai informasi, alokasi kursi di Dapil Jatim X DPR RI (Lamongan-Gresik) sebanyak 6 kursi. Berdasarkan rekapitulasi di tingkat kabupaten diduduki oleh Nasyirul Falah Amru (PDIP), Jazilul Fawaid (PKB), Ahmad Labib (Golkar), Khilmi (Gerindra), Jiddan (NasDem), serta Nila Yani Hardiyanti (kursi kedua PDIP).

Reporter: Ubay NA

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer