18.7 C
Malang
Jumat, Juni 21, 2024
KilasAksi Bela Palestina Dihadiri Gubernur Jatim, Anggota DPR RI dan Puluhan Ribu...

Aksi Bela Palestina Dihadiri Gubernur Jatim, Anggota DPR RI dan Puluhan Ribu Warga

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di tengah-tengah massa aksi bela Palestina di Surabaya.

AKSI Bela Palestina di Kota Pahlawan Surabaya dihadiri Puluhan ribu peserta aksi, yang memadati depan grahadi jl. Gubernur Suryo Jl. Yos Sudarso dan Jl. Tunjungan serta Jl. Embong Malang – Surabaya. Aksi yang di prakarsai Lembaga Hikmah Kebijakan Publik (LHPK) PD. Muhammadiyah Kota Surabaya dengan menggalang Tokoh Ormas Islam dan Tokoh Pemuda lainnya.

Tampak hadir Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Anggota DPR RI Rizki Sadiq, Anggota DPRD Jawa Timur Lilik Hendarwati, Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti dan Staf Khusus Menteri Sosial Faozan Amar. Semuanya berbaur bersama puluhan puluhan ribu masyarakat Jawa Timur dalam Aksi Bela Palestina.

Sejak Minggu (12/11) pagi pukul 05.30 WIB, massa sudah hadir memadati Gedung Grahadi dan sekitarnya. Mereka kompak menggunakan atribut dukungan bagi Palestina.

Mulai dari bendera, baju serba putih, hingga beberapa poster bertuliskan dukungan terhadap kebebasan bangsa Palestina. Tidak hanya itu, mereka juga kompak menyuarakan kecaman terhadap agresi militer Israel.

Di hadapan puluhan ribu peserta aksi tersebut, Khofifah mengawali orasinya dengan mengajak melantunkan Sholawat Asyghil bersama-sama. Serentak, seluruh peserta aksi mengikuti dengan melantunkan sholawat tersebut bersama-sama.

Dalam aksi yang berjalan damai dan tertib ini, Khofifah turut menyuarakan betapa pentingnya kemerdekaan bagi Palestina. Ia menyebut pentingnya dukungan baik doa maupun donasi bantuan terus digaungkan masyarakat Indonesia khususnya Jawa Timur.

“Hari ini kita menguatkan komitmen, bahwa kita semua berdiri di sini memberikan doa dan dukungan atas kemerdekaan bagi Palestina,” katanya.

Khofifah menegaskan, aksi seruan masyarakat Surabaya dan Jawa Timur ini diharapkan berseiring dengan aksi negara-negara lain di seluruh dunia. Yang sebagian besar sepakat menolak agresi militer yang dilakukan oleh Israel.

“Bahwa mereka semua hari ini bergerak untuk menolak agresi Israel ke Palestina. Dan aksi kita hari ini sebagai bentuk dukungan ke Palestina. Baik secara institusional Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jatim, maupun seluruh masyarakat Jatim,” tegasnya.

Gubernur Jawa Timur  ini juga mengajak seluruh warga yang ikut aksi untuk mendoakan seluruh saudara-saudara di Palestina.

“Kita semua mohon kepada Allah SWT agar Palestina diberikan kekuatan, keselamatan dan kemerdekaan. Aamiin,” ucapnya yang turut diamini oleh seluruh masyarakat yang ikut dalam aksi.

Lebih lanjut, Gubernur Khofifah meyakini kalau apa yang diperjuangkan oleh masyarakat Jawa Timur, insyaAllah akan dikabulkan Allah SWT.

“InsyaAllah apa yang kita lakukan disini diijabah oleh Allah SWT. Mudah-mudahan ini juga berseiring dengan ikhtiar dhohiron wa bathinan, ikhtiar lahir batin kita semua dan banyak negara di dunia,” katanya.

“Mudah-mudahan agresi militer Israel ke Palestina bisa segera dihentikan. Sehingga Palestina bisa merdeka, merdeka dan merdeka. Al-Fatihah,” pungkasnya.

Aksi yang berlangsung damai ini juga menjual lelang Jersey kiper Persebaya yang nantinya hasil lelang akan diberikan kepada Palestina.

Aksi ini berlangsung damai, selain orasi, teaterikal dan ditutup dengan doa

” Alhamdulillah aksi terbesar di Surabaya untuk Palestina berjalan dengan baik, masyarakat Jawa Timur sudah menunjukkan pada dunia bahwa seluruh ormas keagamaan dan elemen masyakatat Jawa Timur mengutuk keras segala aksi zionis Israel, dan segera PBB untuk bertindak tegas agar Israel dihukum di Mahkamah internasional ” ujar M. Arif An penanggungjawab aksi yang juga Wakil Ketua PD. Muhammadiyah Kota Surabaya ini. (*)

Kontributor: LHKP PDM Surabaya

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer