24.8 C
Malang
Minggu, Februari 25, 2024
KilasAnwar Abbas: Demi Pemilu Damai, Prinsip Luber dan Jurdil Harus Dijunjung Tinggi

Anwar Abbas: Demi Pemilu Damai, Prinsip Luber dan Jurdil Harus Dijunjung Tinggi

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Anwar Abbas.

SEKITAR dua bulan lagi, pelaksanaan pemungutan suara Pemilu Serentak untuk memilih Presiden dan anggota legislatif (DPR) dilaksanakan. Tepatnya pada Rabu, 14 Februari 2024.

Jadwal pelaksanaan ini termuat dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024. Sedangkan untuk Pilkada 2024 akan diselenggarakan sepekan setelahnya, yakni Rabu, 27 November 2024.

Menjelang pelaksanaan pesta demokrasi tersebut, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Anwar Abbas berharap masyarakat, peserta pemilu, beserta penyelenggara pemilu melaksanakan pemilu dengan spirit Sila Pertama Pancasila, yakni Ketuhanan Yang Maha Esa.

Sila pertama yang berfungsi sebagai landasan etika dan moral itu, kata dia harus mengilhami seluruh warga bangsa, apapun agamanya untuk mewujudkan pemilu yang berkeadaban sesuai dengan prinsip Luber Jurdil, yaitu; langsung, umum, bebas, rahasia (Luber), serta jujur dan adil (Jurdil).

“Prinsip Luber dan Jurdil harus dijunjung tinggi untuk menjamin pesta demokrasi yang aman dan damai,” pesannya lewat keterangan tertulis kepada Muhammadiyah.or.id, Selasa (26/12).

Anwar Abbas menyebut, aspek keadaban dan moralitas berdasar sila pertama itu telah diperjelas dalam Pasal 29 Ayat 1 UUD 1945.

“Nilai-nilai luhur dari ajaran agama harus menjadi sumber nilai dan etika dalam penyelenggaraan negara,” imbuhnya.

Sesuai dengan Sila pertama Pancasila, Anwar Abbas juga menyeru seluruh pihak, termasuk penyelenggara pemilu, pengawas, kontestan, dan pendukungnya, untuk menghindari praktek dan perbuatan yang tidak terpuji seperti politik uang, manipulasi, dan perbuatan curang.

“Kegaduhan dan kerusuhan yang bisa terjadi di seantero negeri adalah akibat dari pemilu yang tidak dilaksanakan dengan cara yang benar dan adil,” kata dia. Anwar Abbas lantas berdoa agar pesta demokrasi yang akan berlangsung di tahun 2024 dapat berlangsung dengan baik, aman, tentram, dan damai.

“Semoga pemilu yang akan datang ini dapat mencerminkan nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa dan menghasilkan kebaikan serta kemaslahatan bagi bangsa,” jelasnya. (*)

Sumber: Muhammadiyah.or.id

Editor: Mohammad Ilham

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer