Diskominfo Sidoarjo Ajak Masyarakat Manfaatkan Platform Digital untuk Beri Saran dan Masukan

Diskominfo Sidoarjo Ajak Masyarakat Manfaatkan Platform Digital untuk Beri Saran dan Masukan

MAKLUMAT — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengajak masyarakat untuk tak ragu menyampaikan keluhan kendala, maupun saran dan masukan terkait pelayanan publik, ataupun melaporkan kejadian-kejadian darurat melalui platform digital resmi yang dimiliki pemerintah.

Fungsional Pranata komputer Penyelia Bidang Tata Kelola Informatika Diskominfo Sidoarjo, Muhammad Khabibie SKom, mengatakan bahwa hal tersebut dapat dilakukan oleh masyarakat tanpa harus datang langsung secara fisik ke kantor dinas terkait, tetapi cukup melalui aplikasi ataupun media sosial resmi yang dimiliki dan dikelola oleh Diskominfo Sidoarjo.

“Sebagai jaminan pelayanan kami, kalau ada kendala bisa disampaikan saja kepada kami, kami juga punya kanal resmi, baik itu melalui media sosial maupun alamat surat elektronik, bahkan kalau mau datang misalnya dekat dengan kantor kami juga sudah menyiapkan, insya Allah tempatnya sudah representatif bagi pengunjung,” ujarnya dalam siaran Maklumat Podcast di kanal YouTube MaklumatID, dikutip Senin (15/12/2025).

Khabibie menjelaskan, masyarakat bisa menyampaikan berbagai keluhan dan kendala terkait pelayanan publik, termasuk kritik, saran dan masukan melalui platform Instagram @diskominfosidoarjo, ataupun telepon layanan call center 112 gratis.

“Bisa melalui instagram @diskominfosidoarjo, bisa disampaikan saja di situ, mungkin bisa mention, bisa melalui DM atau direct message, bisa juga datang ke kantor, bisa juga telepon call center 112, gratis untuk masyarakat Sidoarjo,”

Baca Juga  Menko PMK Sebut Kenaikan UKT Langkah yang Sembrono

Menurut Khabibie, layanan call center 112 yang bisa diakses juga di instagram @112sidoarjo merupakan salah satu inovasi daerah dalam upaya penanggulangan situasi kedaruratan. Selain itu, ia juga menyebut masyarakat dapat memanfaatkan situs lapor.go.id untuk menyampaikan masukan dan saran bagi layanan publik.

“Jadi apapun yang terkait keadaan darurat bisa disampaikan di situ, kalau misal mau menyampaikan masukan, saran terkait layanan publik bisa juga melalui di situ, bisa juga melalui lapor.go.id, jadi banyak sekali,” tandasnya.

“Ini juga bentuk tanggung jawab kami, ini kan lagi musim hujan, jadi kalau misalnya ada potensi bencana atau misalnya ada hewan-hewan yang membahayakan, itu bisa telepon 112 nanti bisa kami arahkan secepat mungkin ke petugas yang melayani. Instagramnya @112sidoarjo,” sambung Khabibie.(ADV)

*) Penulis: Ubay NA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *