26.3 C
Malang
Minggu, Juni 23, 2024
KilasElektabilitas Khofifah Digdaya Menuju Pilgub Jatim 2024

Elektabilitas Khofifah Digdaya Menuju Pilgub Jatim 2024

Khofidah Indar Parawansa unggul dalam survei elektabilitas calon gubernur Jawa Timur.

LEMBAGA Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas menuju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024. Khofifah Indar Parawansa digdaya di urutan teratas.

“Khofifah tertinggi, dan unggul sangat jauh dari nama-nama lain,” kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt saat menyampaikan paparannya di Surabaya, Senin (1/1/2024).

Naiknya tren elektabilitas Khofifah, kata dia, salah satunya adalah karena rekomendasi dari beberapa partai politik yang sudah menyatakan diri mengusung Ketua Umum Muslimat Nu tersebut.

“Dari sebelumnya di angka 30 sampai 35 persen, kini di angka 38 persen dan mendekati 40 persen,” ungkap Baihaki.

Lebih lanjut, sosok yang memiliki elektabilitas paling mendekati Khofifah adalah Emil Elestianto Dardak. Namun, Partai Demokrat yang menaungi Emil adalah salah satu pemberi rekokmendasi Khofifah. Emil pun, kata Baihaki, cenderung siap menjadi Cawagub Jatim 2024 mendampingi Khofifah.

“Emil sudah jelas sikapnya ingin menjadi wakil dari Khofifah. Praktis yang terdekat selanjutnya adalah kader-kader dari PDIP yang masuk jajaran 5 besar,” terangnya.

Ada 3 nama kader PDIP yang berpotensi untuk menjadi rival Khofifah dalam Pilgub Jatim 2024 mendatang. Mereka adalah Bupati Sumenep Ahmad Fauzi, Walikota Surabaya Eri Cahyadi ataupun Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini yang juga mantan Walikota Surabaya.

“Tren Risma cukup menarik karena mulai muncul kembali akhir-akhir ini. Fauzi juga terus bergerak untuk menjaga peluang di Pilgub Jatim 2024. Ada juga Eri Cahyadi yang masuk radar,” ungkap Baihaki.

“Ketiga nama dari PDIP ini berpotensi menjadi lawan dari Khofifah di Pilgub Jatim 2024. Apalagi, PDIP juga belum menentukan sikap di Pilgub Jatim 2024, bersama dengan PKB yang notabene dua partai terbesar di Jatim saat ini,” sambungnya.

Sebagai informasi, survei ARCI dilakukan pada periode 10-20 Desember 2023, menggunakan metode multistage random sampling dengan sampel sejumlah 1.000 responden tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota se-Jatim. Margin of error sekitar 3% dan tingkat kepercayaan di angka 95%.

Berikut 10 besar elektabilitas nama-nama yang digadang maju di Pilgub Jatim 2024 sebagai Cagub Jatim versi ARCI:

  1. Khofifah Indar Parawansa 38,6%
  2. Emil Elestianto Dardak 17,5%
  3. Ahmad Fauzi 12,9%
  4. Eri Cahyadi 8,7%
  5. Tri Rismaharini atau Risma 5,9%
  6. M Sarmuji 4,1%
  7. Anwar Sadad 3,5%
  8. Abdul Halim Iskandar 3,1%
  9. Saifullah Yusuf atau Gus Ipul 2,8%
  10. Heru Tjahjono 1,6%

Tidak tahu/tidak menjawab 1,3%.

Reporter: Ubay

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer