24.8 C
Malang
Minggu, Februari 25, 2024
KilasHadiri Dialog Terbuka Muhammadiyah, Ganjar Wacanakan Mempermudah Sertifikasi Halal

Hadiri Dialog Terbuka Muhammadiyah, Ganjar Wacanakan Mempermudah Sertifikasi Halal

Ganjar Pranowo dalam Dialog Terbuka Muhammadiyah di UMJ.

CALON Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyampaikan pandangannya untuk membangun ekonomi berlandaskan syariah Islam, jika terpilih dalam Pilpres 2024 mendatang.

Capres yang diusung oleh Koalisi PDIP, PPP, Perindo dan Hanura itu mencanangkan dua program utama, yakni dengan mempermudah sertifikasi UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), serta menjadikan Indonesia sebagai negara eksportir produk halal nomor satu di tahun 2029.

“Mempermudah sertifikat halal itu tidak terlalu sulit,” ujar Ganjar saat menyampaikan visi-misinya dalam Dialog Terbuka Muhammadiyah Bersama Calon Pemimpin Bangsa di Auditorium KH Azhar Basyir Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Kamis (23/11/2023).

Menurut Ganjar, mempermudah sertifikasi halal bagi UMKM itu harus bisa dilakukan dan dikontrol langsung oleh pimpinan tertinggi. “Atau (kalau tidak) kamu yang saya ganti,” tukas mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Lebih lanjut, Ganjar menjelaskan, cita-cita tersebut bisa tercapai dengan didorong dengan market atau pasar yang besar dan dipermudah syarat perizinannya. Dia justru mempertanyakan urusan perizinan yang sedang berjalan, yang justru dipersulit birokrasi.

Padahal, kata dia, jika izin sertifikasi halal itu bisa dipermudah, maka akan mendorong produksi dan mampu membanjiri pasar dengan ekspor produk halal Indonesia.

“(Bukan dipersulit) tarik sana, tarik sini, dipas-paskan, dipaksakan, yang kemudian tidak merepresentasikan kepentingan masyarakat,” tandas Ganjar.

Sebagai informasi, PP Muhammadiyah menyelenggarakan serangkaian agenda Dialog Terbuka Muhammadiyah Bersama Calon Pemimpin Bangsa selama tiga hari berturut-turut di tega tempat berbeda secara terpisah, untuk berdialog dan menyampaikan aspirasi Persyarikatan terhadap para kandidat capres-cawapres Pilpres 2024.

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan giliran yang pertama untuk berdialog di Gedung Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Rabu (22/11/2023), disusul Ganjar Pranowo-Mahfud Md hari ini, Kamis (23/11/2023) di Auditorium KH Azhar Basyir UMJ, serta pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Jumat (24/11/2023), di Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya. (*)

Reporter: Ubay

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer