22.4 C
Malang
Senin, Februari 24, 2025
KilasIlmu Komunikasi UMM Ajari Cara Manajemen Event yang Baik

Ilmu Komunikasi UMM Ajari Cara Manajemen Event yang Baik

Ilmu Komunikasi
Ilmu Komunikasi UMM mengajari mahasiswanya untuk menjadi event organizer. Foto:Humas UMM

MAKLUMAT — Mengelola sebuah event tidak hanya sekadar tentang teknis pelaksanaan, tetapi juga bagaimana seorang event manager mampu menyampaikan cerita yang kuat agar meninggalkan kesan mendalam di benak audiens.

Hal ini ditekankan oleh Founder Analogi Organizer, Ahmad Faiz Firojabi, dalam diskusi public relations (PR) yang digelar Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Acara yang berlangsung pada 14 Februari 2025 tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa yang aktif bertanya dan berdiskusi.

Menurut Faiz, storytelling dalam manajemen event merupakan aspek penting yang akan memengaruhi keberhasilan event tersebut. Ia menekankan tiga hal utama dalam menyusun sebuah event, yaitu pemahaman terhadap product knowledge, target audiens, dan permasalahan yang dihadapi klien.

“Jika ketiga aspek ini dipahami dengan baik, menentukan konsep event yang sesuai akan menjadi jauh lebih mudah. Selain itu, ketiganya bisa menjadi pedoman agar maksud dan tujuan event yang kita lakukan jelas,” jelas Faiz, yang juga merupakan alumnus Ilmu Komunikasi UMM.

Selain tiga hal tersebut, Faiz juga menyoroti pentingnya key message dalam setiap event. Menurutnya, keberhasilan suatu event tidak hanya diukur dari pelaksanaan di hari H, tetapi juga dari strategi yang diterapkan setelah acara selesai. “After event harus menjadi bagian dari strategi utama. Perlu ada evaluasi untuk memastikan apakah pesan utama yang ingin disampaikan sudah diterima dan dipahami oleh audiens,” tambahnya.

Faiz juga mengingatkan pentingnya aspek legalitas, seperti Memorandum of Understanding (MoU), meskipun budget event yang dikelola terbatas. Menurutnya, MoU dapat menghindarkan risiko yang tidak diinginkan dan memastikan semua pihak memahami perannya masing-masing.

Diskusi ini bertujuan memberikan gambaran dasar sebagai bekal mahasiswa dalam menjalani praktikum ilmu komunikasi berbasis real client. Dengan demikian, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman praktis yang langsung bersentuhan dengan dunia bisnis dan usaha.

Melalui kuliah perdana ini, mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM diharapkan mampu memahami konsep event management secara mendalam, serta merancang dan melaksanakan event yang tidak hanya menarik, tetapi juga memiliki dampak positif bagi masyarakat.

Sementara itu, dosen koordinator praktikum, Jamroji, menekankan pentingnya publikasi dalam keberhasilan sebuah event. Menurutnya, event dikatakan sukses ketika tujuannya tercapai dan partisipan mendapatkan informasi yang jelas melalui publikasi yang dilakukan. “Pastikan publikasi kalian unggul, karena itu adalah salah satu komponen nilai terpenting dalam praktikum ini,” tegasnya.

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

Lihat Juga Tag :

Populer