MAKLUMAT – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya menambah lima kereta api tambahan untuk memenuhi kebutuhan perjalanan pelanggan. Penambahan ini tak lepas dari libur panjang pada akhir Januari 2025 yang diperkirakan terjadi lonjakan.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menyatakan penambahan kereta api (KA) ini memberikan lebih banyak pilihan kepada calon penumpang. Sekaligus memberikan alternatif jadwal keberangkatan pada 24-30 Januari 2025.
“Penambahan KA tambahan ini bentuk peningkatan layanan kami kepada pelanggan,” kata Luqman melalui siaran persnya, Minggu (19/1/2025).
Jadwal Keberangkatan KA Tambahan
Daop 8 telah menyediakan sejumlah KA yang berangkat dari tiga stasiun utama mulai 24 hingga 30 Januari 2025. Seperti dari Stasiun Surabaya Pasarturi terdapat KA Sembrani Tambahan tujuan Gambir.
Sementara dari Stasiun Surabaya Gubeng terdapat tiga KA tambahan. Ketiganya adalah KA Sancaka tujuan Yogyakarta, KA Mutiara Timur tujuan Ketapang, KA Arjuno Ekspres tujuan Malang. KA Arjuno Ekspres juga berangkat dari Stasiun Malang tujuan Gubeng.
Secara keseluruhan, KAI Daop 8 akan mengoperasikan 51 KA selama libur panjang, dengan total kapasitas mencapai 28.288 tempat duduk setiap harinya. “Jumlah ini terdiri atas 46 KA jarak jauh reguler, tiga KA jarak jauh tambahan, dan dua KA lokal komersial tambahan,” Luqman menambahkan.
Berbagai Pilihan Sarana Kereta
KAI Daop 8 Surabaya juga menghadirkan berbagai tipe kereta untuk memberikan kenyamanan pelanggan. Sebut saja kereta eksekutif mild steel, kereta eksekutif new image, kereta eksekutif stainless steel Generasi 1, hingga kereta ekonomi premium stainless steel.
“Kami memastikan seluruh sarana KA yang beroperasi dalam kondisi terbaik untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan pelanggan,” tambah Luqman.
KAI juga mengimbau agar masyarakat memanfaatkan KA tambahan dan segera melakukan pemesanan tiket. Selain lebih praktis, pemesanan melalui aplikasi Access by KAI juga mendukung digitalisasi layanan KAI.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal dan ketersediaan tiket, pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI di 121 atau melalui media sosial resmi KAI.