25.6 C
Malang
Rabu, Februari 21, 2024
KilasKeputusan Rapimnas 2, Golkar Usulkan Gibran Dampingi Prabowo Subianto

Keputusan Rapimnas 2, Golkar Usulkan Gibran Dampingi Prabowo Subianto

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto

PARTAI Golkar mengusulkan Walikota Solo sekaligus putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) mendampingi Bakal Calon Presiden (Bacapres) yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto.

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 2 Partai Golkar yang dihadiri oleh seluruh pimpinan DPD Partai Golkar se-Indonesia pada Sabtu (21/10/2023) di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta.

“Pertama, menetapkan, mengusung dan mendukung Bapak Letnan Jenderal (purn) Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden RI periode 2024-2029. Kedua, menetapkan, mengusung dan mendukung Bapak Gibran Rakabuming Raka sebagai Bakal Calon Wakil Presiden RI periode 2024-2029 dari Partai Golkar,” ucap Ace membacakan Surat Keputusan.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto berpendapat, Indonesia dengan bonus demografinya perlu menampilkan figur muda yang produktif dan berpengalaman. Sebab di masa lalu pun, dalam sejarah Indonesia senantiasa terdapat tokoh-tokoh muda yang hebat.

“Contohnya Sutan Syahrir menjadi Perdana Menteri (PM) pertama, sejak Indonesia diproklamirkan Soekarno-Hatta. Umurnya (saat itu) 36 tahun dan dia adalah kepala eksekutif atau kepala pemerintahan. Jadi kalau Sutan Syahrir bisa, maka saya yakin under 40 tahun anak muda kita juga siap mendampingi Bapak Prabowo Subianto. Sutan Syahrir dianggap sukses bersama Soekarno-Hatta, yang saat itu juga muda. Waktu itu juga under 40,” kisahnya saat memberikan pidato untuk membuka Rapimnas 2 Partai Golkar.

“Setelah mencermati dengan seksama perkembangan, mengedepankan kepentingan lebih besar untuk bangsa dan negara, menjaga stabilitas politik, pertumbuhan ekonomi, pemerataan. Dan berdasarkan hasil pertemuan dengan para Ketua DPD, konsensus mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai Bakal Calon Wakil Presiden kita,” kata Airlangga.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) juga turut menyita perhatian setelah mengunggah foto di akun media sosial (medsos) Instragram pribadinya @zul.hasan, terkait pertemuannya dengan Gibran di Widya Chandra, Jakarta (kediaman Zulhas), Sabtu (21/10/2023).

Dalam unggahan tersebut, sosok yang juga merupakan Menteri Perdagangan (Mendag) RI itu hanya menulis singkat, “Agar Indonesia maju terus, silaturrahmi tidak boleh terputus. Bismillah mas Wali,” tulis Zulhas.

Hal itu seolah memperkuat sinyal Gibran sebagai sosok pendamping Prabowo menuju pertarungan Pemilu 2024 nanti. Terlebih sebelumnya, Zulhas telah mengungkap, Prabowo dan gabungan partai yang tergabung dalam KIM telah memutuskan siapa sosok Cawapres yang akan diajak untuk berduet.

“Sudah dikantongi Pak Prabowo (nama Cawapres), satulah (mengerucut satu nama), masa ada dua,” ujar Zulhas usai pertemuan para petinggi partai koalisi, Jumat malam (20/10/2023) di kediamannya.(*)

Reporter: Ubay NA

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer