20.7 C
Malang
Senin, Juni 17, 2024
KilasPAN Pertimbangkan Muhadjir Effendy Jadi Bacawapres Alternatif

PAN Pertimbangkan Muhadjir Effendy Jadi Bacawapres Alternatif

Dari kiri, Dito Ariotedjo, Muhadjir Effendy, Ma’ruf Amin, dan Erick Thohir.

PELUANG bakal calon presiden dari Muhammadiyah mengemuka setelah Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyatakan bahwa tokoh Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) masuk dalam radar bakal calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo.

Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy disinyalir sebagai salah seorang tokoh Muhammadiyah yang layak menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres). Setelah sinyal dari PDIP itu, terbaru datang dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Menurut politisi PAN Zainuddin Maliki, Muhadjir masuk dalam bursa bakal calon wakil presiden selain Menteri BUMN Erick Thohir. Itu tidak lepas dari kapasitas yang dimiliki Muhadjir khususnya dalam bidang pengembangan sumber daya manusia yang bermoral dan berintegritas tinggi.

”Beliau berkinerja positif dalam peningkatan kesejahteraan rakyat, berhasil menurunkan angka stunting di semua provinsi,” tutur Zainuddin Maliki sebagaimana dikutip Tempo.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) tersebut menjelaskan, pengalaman Muhadjir di luar maupun di dalam pemerintahan memahami dengan baik persoalan-persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia, khususnya di bidang pemajuan SDM.

”Saya rasa Pak Muhadjir sangat dibutuhkan untuk menjadikan Indonesia berada di halaman depan Asia baru. Saat ini kita masih di halaman belakang,” katanya.

Mantan Ketua Dewan Pendidikan Jawa Timur ini mengaku telah menyampaikan keinginan dari internal partai. Hal itu disampaikan kepada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Menurut Zainuddin, usulan tersebut mendapatkan respons positif.

Zulhas, sapaan Zulkifli Hasan, menurut Zainuddin, bersedia memasukkan nama Muhadjir dalam bursa bacawapres yang ditimang-timang PAN selain Erick Thohir.

”Bang Zul menilai bahwa Profesor Muhadjir tokoh berintegritas, punya pengalaman dan kapasitas untuk mengemban tugas berat sebagai wapres. Beliau alternatif yang layak untuk dipertimbangkan,” kata Zainuddin Maliki.

Zainuddin mengatakan Muhadjir Effendy diterima oleh masyarakat Jawa Timur, terutama akar rumput PAN. Dia mengklaim di daerah pemilihan Jawa Timur X yakni Gresik dan Lamongan, Muhadjir juga populer. ”Personality Pak Muhadjir sangat kuat,” kata dia. (*)

Reporter: Iqbal Darmawan

Editor: Mohammad Ilham

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer