27.8 C
Malang
Senin, Desember 23, 2024
RagamPDAM Surabaya Implementasi Layanan Digital Tanpa Kurangi Peran SDM

PDAM Surabaya Implementasi Layanan Digital Tanpa Kurangi Peran SDM

PDAM Surabaya menjawab era digital dengan memberi layanan berbasis aplikasi di HUT ke-48. Foto: dok.Infokom Pemkot Surabaya.

MAKLUMATPDAM Surya Sembada Kota Surabaya terus berkomitmen memberikan layanan terbaik berbasis digitalisasi. Belum lama ini badan usaha milik Pemerintah Kota Surabaya itu memperkenalkan inovasi Meter Air Pintar sebagai bagian dari program smart city.

Layanan ini terhubung dengan customer information system (CIS), yang memungkinkan pelanggan memantau konsumsi air secara mandiri. Peluncuran ini diperkenalkan bersamaan dengan Hari Jadi ke-48, PDAM Surya Sembada.

Dengan inovasi ini, petugas pencatatan meter air tidak perlu berkeliling dari rumah ke rumah. Namun demikian, entitas milik pemerintah daerah ini tidak menghapus SDM, dan akan mengalihkan ke bidang lainnya.

“Ketika sistem sudah terbentuk, tidak ada lagi petugas berkeliling. Namun, SDM akan kami kembangkan di bidang pemeliharaan atau lainnya,” kata Direktur Operasional PDAM Surya Sembada, Nanang Widyatmoko, dalam surat resminya (9/12/2024).

Rumah Pompa Proyek Percontohan

Sebelum digitalisasi penghitungan meter, PDAM telah menerapkan untuk rumah pompa. Selama ini rumah pompa memerlukan 10 petugas, termasuk petugas kebersihan dan keamanan. Setelah sistem digital berjalan, hanya petugas keamanan dan kebersihan yang beroperasi.

Nanang menjelaskan, tugas pencatatan yang sederhana di rumah pompa tidak mendukung pengembangan karyawan. Oleh karena itu, petugas mendapat kesempatan berkarier di bidang pemeliharaan.

“Pegawai bisa melatih keterampilan, seperti pengelasan dan perbaikan mesin, yang lebih berguna untuk perkembangan karier,” tambah Nanang.

Optimalisasi Keterampilan SDM

Digitalisasi layanan ini mendorong SDM bisa fokus pada layanan makro, seperti pemeliharaan dan perbaikan. Nanang berharap, dalam jangka panjang, SDM akan semakin terampil dan meningkatkan kualitas layanan.

PDAM Surya Sembada telah memasang pipa sepanjang 6.589 kilometer dengan ribuan aksesoris. Beberapa titik masih memerlukan perhatian, dan dengan memperkuat pemeliharaan, PDAM berharap layanan semakin baik.

PDAM menerapkan Meter Air Pintar pertama untuk 1.000 pelanggan di Pakuwon City, Kelurahan Kejawan Putih Tambak, Kecamatan Mulyorejo, dan Grand Pakuwon, Kelurahan Tandes, Kecamatan Tandes. Saat ini PDAM terus melakukan evaluasi sebelum pengembangan layanan secara menyeluruh.

spot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

Lihat Juga Tag :

Populer