23.7 C
Malang
Rabu, April 17, 2024
KilasSekum PP Muhammadiyah: Harus Positif Menyikapi Realitas Politik

Sekum PP Muhammadiyah: Harus Positif Menyikapi Realitas Politik

Sekum PP Muhammadiyah Prof Abdul Mu’ti

SEKRETARIS Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof KH Abdul Mu’ti mengajak masyarakat, terkhusus warga Persyarikatan untuk membangun sikap positif dalam menyikapi realitas politik pasca pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024.

Seruan itu disampaikan Prof Mu’ti ketika menjadi pembicara dalam Kajian Ramadhan bertajuk: Menunaikan Amanat Kepemimpinan. Kegiatan tersebut digelar PWM Jatim di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Sabtu (16/3/2024).

“Muhammadiyah tentu harus berperan dan berikhtiar, bagaimana agar pemimpin negara ini menjadi pemimpin yang amanah, pemimpin negara ini adalah pemimpin yang memenuhi janji-janjinya, dan mereka akan menjadi pemimpin yang selamat dalam melaksanakan tugas-tugasnya,” ujarnya.

Menurut Prof Mu’ti, hal itu adalah sikap yang harus dibangun dengan sungguh-sungguh. Meski nantinya yang terpilih dan diumumkan oleh KPU bukanlah kandidat yang dikehendaki. Tapi, itulah realitas demokrasi.

“Inilah sikap positif yang harus kita bangun, betapa pun mungkin yang terpilih itu bukanlah orang yang kita kehendaki, yang terpilih itu bukanlah orang yang kita pilih,” terangnya.

Pria asal Kudus, Jawa Tengah itu mengungkap, itulah realitas demokrasi, suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, itu akan terjadi, dan itu akan menjadi bagian dari the rolling group di negeri  ini.

“Salah satu peran yang bisa dilakukan adalah peran kontrol, agar para pemimpin itu bisa tetap menjaga amanah dan menepati janji-janjinya,” guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Kajian Ramadhan ini sendiri merupakan agenda rutin setiap tahun yang diadakan oleh PWM Jatim. Agenda menghadirkan sejumlah tokoh nasional untuk menjadi pembicara. Mulai dari Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir, mantan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono dan Prof Abdul Mu’ti itu sendiri.

Sebelumnya, di sesi pertama dialog seputar Pemilu 2024 menghadirkan Founder PolMark Indonesia Eep Saefulloh Fatah dan Founder Cyrus Network Hasan Nasbi, dipandu oleh Sekretaris PWM Jatim Prof Biyanto.

Reporter: Ubay NA

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer