19.6 C
Malang
Jumat, September 20, 2024
KilasPengamat Sebut Pilgub Jatim Bakal Ketat, Komposisi Paslon Serupa

Pengamat Sebut Pilgub Jatim Bakal Ketat, Komposisi Paslon Serupa

Peneliti Senior SSC, Surokim Abdus Salam
Peneliti Senior SSC, Surokim Abdus Salam

MAKLUMAT – Peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam mengomentari keputusan PDIP untuk menduetkan Mensos RI yang juga eks Walikota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) dengan Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) dalam Pilgub Jatim 2024.

Surokim menilai pertarungan tiga pasang kandidat di Pilgub Jatim 2024 nanti akan berlangsung ketat. Sebab, masing-masing pasangan calon (paslon) memiliki komposisi yang hampir mirip.

Ketiga bakal paslon, yakni Khofifah-Emil, Luluk-Lukmanul Hakim, serta Risma-Gus Hans sama-sama dianggap mengandalkan figur perempuan dengan ketokohan yang kuat sebagai calon gubernur. Kemudian ketiganya juga menggandeng wakil laki-laki yang dianggap mewakili kaum milenial.

“Akan menjadi kompetisi yang ketat. Pilkada Jatim akan menjadi arena kontes dengan red ocean strategy, head to head langsung antar pasangan calon,” ujar Surokim, Kamis (29/8/2024).

“Pasangan calon yang diajukan seolah menjadi mirip-mirip dan tentu saja ini menarik, sehingga publik sulit akan mencari pembedanya antar pasangan calon. Semua mengandung pasangan calon milenial,” imbuh pria yang juga menjabat Wakil Dekan III Universitas Trunojoyo Madura (UTM) itu.

Khusus menyorot duet Risma-Gus Hans, Surokim menilai Gus Hans yang merupakan mantan Jubir Khofifah dulu, adalah sosok yang multitalenta. Menurut dia, sosok Gus Hans setara dengan Emil Elestianto Dardak yang merupakan petahana.

“Memiliki kesamaan yang tak jauh beda sebagai politisi (yang) humble dan cerdas. Akan kompetitif karena mirip sekali style dan performance-nya. Sehingga akan sulit mencari pembeda keduanya,” kata dia.

Tak hanya itu, Surokim menyebut keputusan PDIP untuk memilih Gus Hans sebagai pendamping Risma adalah hal yang menarik. Sebab, berpotensi menguatkan ceruk pemilih milenial dan Nahdliyin di Jawa Timur, karena dikenal sebagai sosok ulama muda.

Untuk diketahui, hingga saat ini baru pasangan Khofifah-Emil yang telah mendaftarkan diri ke KPU Jatim. Adapun duet Luluk-Lukmanul Hakim dan Risma-Gus Hans dikabarkan akan mendatangi KPU malam hari ini.

KPU sendiri, akan menutup pendaftaran paslon untuk Pilkada Jatim 2024 pada tengah malam pukul 23.59 WIB nanti.

 

Reporter: Ubay NA

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer