22.4 C
Malang
Sabtu, September 21, 2024
KilasAKD DPRD Jatim 2024-2029 Belum Terbentuk, Sejumlah Nama Calon Pimpinan Mulai Muncul

AKD DPRD Jatim 2024-2029 Belum Terbentuk, Sejumlah Nama Calon Pimpinan Mulai Muncul

Pimpinan sementara DPRD Jatim Anik Maslachah dan Wara Sundari Renny Pramana
Pimpinan sementara DPRD Jatim Anik Maslachah (kiri, hijau) dan Wara Sundari Renny Pramana

MAKLUMAT – Sebanyak 120 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur periode 2024-2029 telah resmi dilantik pada 31 Agustus 2024 lalu. Namun, hingga saat ini, struktur Alat Kelengkapan Dewan (AKD) beserta pimpinan definitif DPRD Jatim belum juga terbentuk.

DPRD Jatim hingga kini masih dipimpin oleh pimpinan sementara, yaitu Anik Maslachah dari PKB yang menjabat sebagai Ketua sementara. Kemudian, Wara Sundari Renny Pramana dari PDIP sebagai Wakil Ketua sementara. Keduanya akan bertugas hingga pimpinan definitif ditetapkan.

Sebagai informasi, pimpinan definitif DPRD Jatim akan terdiri dari satu Ketua dan empat Wakil Ketua, yang akan diisi oleh lima partai politik (parpol) dengan jumlah kursi terbanyak di DPRD Jatim. PKB, yang meraih 27 kursi, berhak menempatkan kadernya sebagai Ketua. Sementara itu, PDIP (21 kursi), Gerindra (21 kursi), Golkar (15 kursi), dan Demokrat (11 kursi) akan mengisi posisi Wakil Ketua.

Hingga kini, baru Partai Golkar yang telah mengajukan satu nama calon pimpinan definitif, yaitu Blegur Prijanggono, untuk menempati posisi Wakil Ketua DPRD Jatim periode 2024-2029. “Baru Partai Golkar yang sudah mengajukan nama calon pimpinan definitif, yaitu Blegur Prijanggono,” ujar Anik Maslachah.

Anik menjelaskan bahwa pengajuan nama calon pimpinan merupakan wewenang Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masing-masing partai politik. Meski begitu, ia mendorong agar keempat partai lain segera mengajukan nama calon pimpinan sehingga proses pengesahan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bisa segera dilakukan.

“Ini memang ranah DPP masing-masing partai. Kami hanya bisa mendorong melalui surat agar secepatnya mengusulkan nama calon pimpinan definitif,” ujar Anik.

“Setelah itu, nama-nama tersebut kami usulkan ke Mendagri untuk dibuatkan SK. Setelah SK Mendagri turun, barulah pimpinan definitif dilantik,” lanjutnya.

Sejumlah nama mulai menguat sebagai calon pimpinan yang diprediksi akan diajukan oleh partai-partai tersebut. Dari Partai Gerindra, dua nama yang mencuat adalah Ferdians Reza Alvisa (Alvis), Bendahara DPD Gerindra Jatim yang juga anggota DPRD Jatim sejak 2019, dan Hidayat, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (OKK) DPD Gerindra Jatim.

Sementara itu, dari Partai Demokrat, nama dr. Agung Mulyono dikabarkan kuat akan diusulkan sebagai calon Wakil Ketua DPRD Jatim 2024-2029. Agung merupakan Bendahara DPD Demokrat Jatim dan telah menjabat sebagai anggota DPRD Jatim sejak 2014.

Dari PDIP, dua nama yang santer terdengar adalah Wara Sundari Renny Pramana, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua sementara DPRD Jatim, dan Sri Untari Bisowarno, Sekretaris DPD PDIP Jatim dan mantan Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim periode 2019-2024.

Sedangkan dari PKB, dua nama yang mencuat adalah Anik Maslachah, Ketua sementara DPRD Jatim yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim periode 2019-2024, serta Fauzan Fuadi, Ketua Fraksi PKB di DPRD Jatim periode 2019-2024.

 

Reporter: Ubay NA

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer