28.6 C
Malang
Sabtu, Maret 2, 2024
KilasAmati Kampanye Medsos, Surokim Sebut Berdampak Positif Keterlibatan Gen-Z

Amati Kampanye Medsos, Surokim Sebut Berdampak Positif Keterlibatan Gen-Z

Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam.

PENGAMAT politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam menilai, munculnya akun X (dulu twitter) @aniesbubble membuat kampanye Pilpres 2024 lebih menarik dan variatif, namun menurut dia pengaruhnya masih belum signifikan.

Surokim berpendapat, partisipasi netizen (masyarakat dunia maya) dalam perhelatan pesta demokrasi Pemilu sudah terjadi sejak Pilgub DKI Jakarta, yang menghasilkan Jokowi sebagai pemenang.

“Seingat saya partisipasi netizen mulai muncul dan meluas saat Pak Joko Widodo ikut running Pilgub (Pilihan Gubernur) DKI (Jakarta),” kata Surokim dalam pesan WhatsApp, Kamis (4/1/2024).

Menurut pria yang menjabat Wakil Rektor 3 UTM itu, kampanye netizen di dunia maya bermula dari fenomena flashmob dan tren baju bermotif kotak-kotak, yang kemudian diikuti oleh netizen.

“Saya pikir itu cikal bakal kekuatan netizen mulai diperhitungkan dalam kancah politik,” ujarnya.

Sedangkan kampanye akun @aniesbubble, yang merupakan basis fans kpop, menurut Surokim cukup berdampak positif. Sebab, para pemilih muda secara sadar menjadi berpartisipasi dalam agenda politik.

“Ada kreativitas dan kebaruan, agar dinamika kampanye tidak monoton dan bisa meluaskan dukungan dari gen-z dalam partisipasi politik,” paparnya.

Surokim menyebut, @aniesbubble juga membantu memperkenalkan program yang ditawarkan oleh pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Anies-Muhaimin (AMIN) kepada gen-z melalui media sosial.

Partisipasi netizen di era sekarang, kata Surokim, terkadang jauh lebih kuat dan powerfull, karena dirasa lebih alami dan genuine (asli).

Dia menyarankan, agar para kontestan lainnya dalam Pilpres 2024 seharusnya semakin memperhitungkan kampanye digital dan kehadiran akun @aniesbubble tersebut.

“Bisa jadi fenomena itu mulai menguat di udara (medsos) di kalangan gen-z dan memang harus diperhitungkan. Tapi menurut saya masih butuh penguatan untuk ekspansi dalam bentuk aksi konkret,” tandas pria yang juga peneliti senior lembaga Surabaya Survei Center (SSC) itu.

Diketahui, akun @aniesbubble, dengan pengikut lebih dari 107 ribu telah meramaikan jagad X/twitter dengan unggahan sejumlah aktivitas Anies Baswedan dalam beberapa hari terakhir. Dalam setiap unggahan selalu menyertakan cuitan dengan bahasa Korea, mulai dari kegiatan kampanye ‘Desak Anies’ hingga live di media sosial TikTok. (*)

Reporter: Ubay

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer