22.8 C
Malang
Selasa, Mei 28, 2024
KilasElektabilitas Prabowo Salip Ganjar, Wawali Blitar: Yang Terpenting Berpihak kepada Rakyat

Elektabilitas Prabowo Salip Ganjar, Wawali Blitar: Yang Terpenting Berpihak kepada Rakyat

Tjutjuk Sunario, Wakil Wali Kota Blitar.

HASIL survei terbaru dari Litbang Kompas terkait elektabilitas capres potensial pada Pilpres 2024, menempatkan Prabowo Subianto pada urutan teratas. Prabowo saat ini menyalip Ganjar Pranowo dengan perolehan 24,5 persen, Ganjar di urutan kedua dengan 22,8 persen, dan Anies Baswedan 13,6 persen. Elektabilitas Prabowo meningkat 6,4 persen dibandingkan survei yang sama pada Januari 2023. Ketika itu, elektabilitas Prabowo di angka 18,1 persen.

Sementara elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar berada di angka 22,8 persen. Elektabilitas Ganjar menurun 2,5 persen ketimbang survei Januari 2023 di mana dia memperoleh tingkat elektoral 25,3 persen. Sedangkan elektabilitas mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di angka 13,6 persen.

Elektabilitas Anies meningkat hanya 0,5 persen dibandingkan survei Litbang Kompas Januari 2023. Kala itu, tingkat elektoral Anies berada di angka 13,1 persen.

Survei Litbang Kompas dilakukan pada 29 April-10 Mei 2023. Ada 1.200 responden terlibat dipilih secara acak. Menggunakan metode ini, tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 2,83 persen.

Terkait hal itu, Wakil Wali Kota Blitar Tjutjuk Sunario berpendapat bahwa memang banyak hasil survei yang dilakukan dan dikeluarkan terkait kontestasi Pemilu 2024. Namun, menurut dia, peta politik masih cukup cair dan segala kemungkinan masih bisa terjadi.

”Yang terpenting, siapa pun presiden yang terpilih nantinya akan bisa benar-benar berpihak untuk rakyat,” katanya kepada Maklumat.id (24/5/2023).

Politisi Gerindra tersebut berharap, presiden terpilih nantinya adalah orang-orang terbaik yang berkompeten dan tidak didikte atau menjadi alat bagi pihak atau kalangan tertentu, yang justru akan berpotensi berdampak buruk bagi rakyat.

”Dan bukan menjadi boneka atas kepentingan pihak atau kelompok tertentu,” ujar Tjutjuk. (*)

Reporter: Ubay

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer