21.5 C
Malang
Minggu, Mei 26, 2024
KilasHasil Hisab dan Rukyat Sama, Ketua MUI: Jadikan Momentum Rekonsiliasi Nasional

Hasil Hisab dan Rukyat Sama, Ketua MUI: Jadikan Momentum Rekonsiliasi Nasional

KETUA Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa, KH Asrorun Ni’am mengajak umat Islam untuk melakukan rekonsiliasi nasional dalam momentum Idul Fitri 1 Syawal 1445 H yang akan jatuh pada 10 April 2024 esok hari.

Menurut Asrorun, persamaan hasil yang didapatkan dari metode hisab maupun metode rukyat adalah pertanda peneguhan komitmen kebersamaan.

“Alam meneguhkan komitmen kebersamaan,” ujar Asrorun dalam sidang isbat di Kantor Kemenag RI, Selasa (9/4/2024).

Momentum Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriyah ini, kata dia, adalah momentum yang cocok untuk kepentingan umat Islam dalam konteks kebangsaan, kaitannya dengan pesta demokrasi yang baru saja usai.

“Momentum ini saya kira pas juga untuk kepentingan kita sebagai Bangsa Indonesia yang baru saja menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) baik Pilpres (Pemilihan Presiden) maupun Pileg (Pemilihan Legislatif),” kata dia.

Hasil hisab yang terkonfirmasi oleh hasil rukyatul hilal itu, menurut Asrorun harus bisa dimaknai sebagai ‘amul jamaah, untuk merajut kembali tali-tali persaudaraan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan dalam konteks umat dan bangsa.

“Momentum 1 Syawal 1445 Hijriyah, di mana penetapan 1 Syawal ini serentak secara keseluruhan, ini bisa dijadikan apa yang disebut sebagai ‘amul jamaah, tahun kebersamaan, tahun persaudaraan, sekaligus juga momentum rekonsiliasi nasional setelah kita terfragmentasi di dalam perbedaan pilihan politik,” ajak dia.

Lebih lanjut, Asrorun mengajak, hadirnya momentum kebersamaan dalam bingkai Idul Fitri 1445 Hijriyah itu juga harus mampu untuk meneguhkan kembali komitmen umat Islam dalam suatu titik temu untuk bersama-sama membangun Indonesia.

“Kebersamaan ini berada di dalam satu titik meneguhkan komitmen kita membangun bersama untuk mewujudkan baldatun thayyibatun warabbun ghafur,” tandasnya.

“Inilah etos dan juga spirit, serta semangat bersamanya Idul Fitri 1 Syawal 1445 yang perlu kita optimalkan,” pungkas Asrorun.

Sebelumnya, melalui mekanisme sidang isbat, Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) menetapkan, Idul Fitri 1 Syawal 1445 H bertepatan dengan Rabu 10 April 2024 Masehi.

“Oleh karena itu, berdasarkan hisab posisi wilayah Indonesia yang sudah masuk kriteria MABIMS, serta adanya laporan hilal yang terlihat, disepakati bahwa 1 Syawal tahun 1445 Hijriyah jatuh pada Hari Rabu tanggal 10 April 2024 Masehi,” kata Gus Yaqut menyampaikan hasil sidang isbat.

Reporter: Ubay NA

Editor: Aan Hariyanto 

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer