26.2 C
Malang
Sabtu, Maret 2, 2024
KilasMenuju Debat Ketiga, Cak Imin Protes Panelis Unhan, Anies Siap Hadapi

Menuju Debat Ketiga, Cak Imin Protes Panelis Unhan, Anies Siap Hadapi

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

PASANGAN capres-cawapres nomor urut 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN) agak berbeda merespon debat Pilpres putaran ketiga yang akan segera digelar KPU RI akhir pekan ini.

Cak Imin memprotes adanya dua panelis di debat ketiga yang berasal dari Universitas Pertahanan (Unhan), yang sejatinya berada di bawah naungan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, yang juga merupakan salah satu kontestan Pilpres.

“Ya terus terang saya protes, karena itu mengganggu objektivitas, karena apapun Unhan di bawah Pak Prabowo, Menhan, karena itu saya protes syukur-syukur bisa diganti,” ujarnya saat di Ponpes Darul Muwahhidin, Garut, Jawa Barat, Kamis (4/1/2024).

Dua panelis yang dimaksudkan oleh Cak Imin adalah pakar keamanan Unhan Dr Kusnanto Anggoro, serta Ketua Dewan Guru Besar Unhan Laksamana TNI (Purn) Prof Dr Marsetio.

Berbeda dengan sang cawapres, Anies Baswedan mengaku tak ambil pusing mengenai daftar panelis debat ketiga Pilpres 2024. Dia tidak mempermasalahkan dan sama sekali tak ada persoalan terkait penunjukan dua panelis itu.

“Kalau buat saya sih nggak terlalu masalah. Buat saya ya. Toh pada akhirnya yang dibicarakan adalah hal-hal yang kita semua harus merespons dengan objektif,” kata capres yang diusung Koalisi Perubahan itu usai menyambangi Pondok Pesantren Miftahul Huda Tasikmalaya, Kamis (4/1/2024).

Menurut Anies, setiap pertanyaan dari panelis mesti direspons para capres secara objektif. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut, akan menghadapi setiap pertanyaan dalam debat seperti dalam diskusi-diskusi maupun forum yang biasa dia hadiri.

“Hadapi saja, wong di Desak Anies juga kita hadapi kok apalagi panel,” tandasnya.

Sebagai informasi, KPU RI akan menggelar debat ketiga Pilpres padamengumumkan nama panelis debat ketiga Pilpres 2024 pada Ahad, 7 Januari 2024 mendatang di Istora Senayan, Jakarta. Terdapat 11 orang panelis yang ditunjuk dan telah menyatakan kesediaannya. Tema yang akan dibahas dalam debat ketiga meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri.

Adapun 11 panelis debat Pilpres putaran ketiga adalah:

  1. Prof. Angel Damayanti, Ph.D (Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia)
  2. Curie Maharani Savitri, Ph.D (Dosen Hubungan Internasional, ahli kajian industri pertahanan dan alih teknologi Universitas Binus)
  3. Prof. Evi Fitriani, Ph.D, (Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia)
  4. Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D (Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani)
  5. I Made Andi Arsana, S.T., M.E., Ph.D (Ahil Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada)
  6. Dr. lan Montratama (Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina)
  7. Irine Hiraswari Gayatri, Ph.D (Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional)
  8. Dr. Kusnanto Anggoro (Pakar Keamanan Universitas Pertahanan)
  9. Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio (KSAL 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan)
  10. Philips J. Vermonte, Ph.D (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS)
  11. Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.I.P. S.SI., M.T, M.SI. (Han) (Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran)

Reporter: Aan Hariyanto

Editor: Mohammad Ilham

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer