22.8 C
Malang
Minggu, Februari 25, 2024
KilasMuhammadiyah Mesti Jadi Penjaga Moralitas Bangsa di Pemilu 2024

Muhammadiyah Mesti Jadi Penjaga Moralitas Bangsa di Pemilu 2024

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Tri Hastuti Rochimah.

DALAM menjalani Pesta Demokrasi pada Pemilu 2024, Muhammadiyah menegaskan peran pentingnya sebagai penjaga moralitas bangsa di tengah riuhnya informasi di dunia digital. Menghadapi maraknya hoaks, Tri Hastuti Rochimah mengajak masyarakat untuk tidak terpapar atau bahkan menjadi pembuat hoaks yang dapat merugikan banyak pihak.

“Kita jangan terpapar oleh hoaks atau pun jadi pembuat hoaks yang menyebarkan berita-berita tidak benar yang semakin riuh di dunia digital. Penyebaran hoaks akan banyak pihak yang dirugikan,” tegas Sekretaris Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah ini dalam pengajian bulanan Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada Jumat (26/01), menyadari betapa berbahayanya penyebaran informasi palsu dalam merusak integritas demokrasi.

Tri Hastuti menegaskan bahwa Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah akan tetap menjadi penjaga moralitas bangsa. Konsistensi dalam menjaga moralitas dan nilai-nilai utama ini dianggap sebagai tugas penting Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah untuk membangun masyarakat yang cerdas, kritis, dan bertanggung jawab.

Tri Hastuti Rochimah menggarisbawahi perlunya masyarakat untuk tidak mudah terpapar hoaks. Ia mengingatkan agar jangan mudah terpapar hoaks. Lakukan pengecekan terhadap info-info bombastik yang cenderung menyesatkan. Dalam mendukung calon pilihan, ia mendorong agar dukungan dilakukan dengan proporsional, bertanggung jawab, dan tanpa merugikan orang lain.

Tri Hastuti juga mengajak seluruh warga Persyarikatan untuk rajin mengecek kandidat-kandidat di daerah masing-masing. “Kita harus mengenal caleg-caleg yang mewakili kita. Silakan dilihat dari semua caleg-caleg itu track recordnya seperti apa, kita perlu mengenal siapa orang-orang yang akan menjadi wakil kita di DPR,” tambahnya.

“Kita perlu mengecek siapa caleg-caleg kita,” ucap Tri Hastuti, menekankan pentingnya partisipasi aktif warga dalam memilih pemimpin. Menurutnya, pengecekan ini menjadi kunci untuk mengetahui sepak terjang para calon legislatif sehingga mereka dapat benar-benar mewakili aspirasi rakyat.

Tindakan apatis pada Pemilu 2024 hanya akan merugikan masyarakat. Terlibat aktif dalam mencari tahu tentang caleg yang akan mewakili rakyat merupakan cara paling efektif untuk mewujudkan kemajuan bangsa. Dengan mengetahui track record dan komitmen calon legislatif, masyarakat dapat membuat keputusan yang cerdas dan berkontribusi dalam menciptakan perwakilan yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan mereka.

Dengan partisipasi yang aktif dan informasi yang akurat, pada Pemilu 2024 masyarakat diharapkan dapat memberikan suara yang cerdas dan memilih para pemimpin yang benar-benar mewakili kepentingan rakyat. (*)

Sumber: Muhammadiyah.or.id

Editor: Mohammad Ilham

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer