19.5 C
Malang
Rabu, Juli 24, 2024
KilasPKB Siap Lawan Khofifah-Emil, Pastikan Tidak Ada Bumbung Kosong di Pilgub Jatim

PKB Siap Lawan Khofifah-Emil, Pastikan Tidak Ada Bumbung Kosong di Pilgub Jatim

Jazilul Fawaid
Jazilul Fawaid

WAKIL Ketua Umum (Waketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengaku partainya siap memunculkan alternatif pasangan calon gubernur (Cagub) dan calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur, demi menghindari adanya calon tunggal dalam Pilgub Jatim 2024.

Calon tunggal yang dimaksud adalah pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak. Sebagaimana diketahui, duet petahana itu telah mengantongi 6 rekomendasi partai politik (parpol) untuk melaju di Pilgub Jatim 2024.

Masing-masing adalah Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Perindo, PSI, PAN, serta terbaru Partai Gerindra juga turut memastikan diri mengusung Khofifah-Emil untuk bisa melanjutkan kepemimpinannya di Jawa Timur.

Gus Jazil, panggilan akrabnya, menyebut PKB tengah dalam proses penjaringan calon dan berharap dinamika kontestasi Pilgub Jatim 2024 lebih menarik. Menurutnya tak elok jika pemilihan kepala daerah hanya ada calon tunggal alias melawan kotak kosong.

“PKB masih dalam proses untuk menjaring. Kita berharap dinamika Pilgub Jawa Timur menarik. Jangan sampai ada bumbung kosong kan. Masa pemilu bumbung kosong,” katanya saat di Kantor DPP PKB, Jakarta, Sabtu (8/6/2024) malam.

Pria yang juga Anggota DPR RI Fraksi PKB itu menilai, dinamika politik menuju Pilkada serentak 2024, termasuk Pilgub Jatim masih terus berjalan. Dia memastikan Khofifah-Emil tidak akan melawan kertas suara kosong di Pilgub Jatim nanti.

Meski begitu, Gus Jazil menyebut PKB masih akan menunggu dinamika dan segala prosesnya sampai di detik-detik terakhir menjelang pendaftaran pasangan calon (paslon) untuk menentukan siapa yang bakal diusung dan didukung partainya.

“PKB menunggu sampai detik akhir. Nanti dari proses dinamika siapa dari tokoh-tokoh yang terjaring nanti akan didukung PKB,” kelakarnya.

“Pokoknya kita jamin tidak bumbung kosong di Jawa Timur,” imbuh Gus Jazil.

Sebelumnya, santer diberitakan bahkan telah dikonfirmasi oleh Ketua Desk Pilkada PKB Abdul Halim Iskandar, bahwa pihaknya tengah melakukan penjajakan dengan mantan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar untuk bisa dicalonkan sebagai Cagub Jatim 2024.

Namun, hingga saat ini belum diketahui sudah sejauh mana komunikasi yang dibangun, serta terkait kesediaan ulama asal Malang, Jawa Timur tersebut untuk dicalonkan.

Sementara Politisi Senior PKB Lathifah Shobib, sebelumnya juga mengaku telah mengusulkan sosok Anggota DPR RI Fraksi PKB dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur I (Kota Surabaya dan Sidoarjo), Arzety Bilbina sebagai Cawagub untuk mendampingi Kiai Marzuki di Pilgub Jatim 2024.

Reporter: Ubay NA 

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer