22.8 C
Malang
Minggu, Februari 25, 2024
KilasPartai Ummat Tepis Isu ke Prabowo, Tegaskan Dukungan untuk Anies Baswedan

Partai Ummat Tepis Isu ke Prabowo, Tegaskan Dukungan untuk Anies Baswedan

Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi.

PARTAI Ummat menegaskan dukungannya terhadap Anies Baswedan untuk maju menjadi calon presiden (capres) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Pernyataan itu sekaligus menampik kemungkinan partai berlambang bintang emas itu melipir ke kubu Prabowo Subianto.

“Insya Allah Pak Amien Rais dan Partai Ummat bulat utuh mendukung Anies Baswedan sebagai Capres 2024,” ujar Ridho Rahmadi, Ketua Umum Partai Ummat.

Ridho mengklarifikasi pernyataan Amien Rais yang sempat menyebut akan memberikan dukungan kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dalam Pemilu 2024 seandainya Anies Baswedan gagal mencalonkan diri.

Menurut dia, pernyataan Amien Rais itu adalah sebagai respons atau jawaban dari pertanyaan dan sifatnya hanya mengandaikan, bukan sebagai sebuah sikap resmi yang diambil baik secara pribadi maupun partai. Partai Ummat disebutnya tidak akan mendeklarasikan dukungan untuk Capres lain, selama Anies Baswedan masih memiliki peluang dan mendapat tiket untuk maju.

“Pak Amien tidak pernah menyatakan mendukung Prabowo. (Pernyataan) itu kan adalah jawaban beliau terhadap konteks pertanyaan yang berandai-andai,” kata Ridho.

Sebelumnya, Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais diketahui mengeluarkan pernyataan yang menyebut pihaknya ada kemungkinan untuk mendukung Prabowo Subianto dalam kontestasi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di Pemilu 2024.

Tokoh Reformasi 1998 itu menyebut bahwa Prabowo Subianto adalah salah satu tokoh yang bakal didukung sebagai Capres bersama Anies Baswedan dan keduanya pun juga diundang untuk hadir dalam Musyawarah Nasional (Munas) Partai Ummat tahun lalu.

Amien khawatir, bahwa langkah Anies Baswedan untuk maju sebagai capres di Pemilu 2024 akan dijegal. Padahal seperti diketahui, sesuai dengan hasil Rakernas Partai Ummat telah mendeklarasikan dukungannya untuk mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

“Kalau kemudian (Anies Baswedan) dihalangi oleh kekuasaan tertentu sehingga tidak bisa (mencalonkan diri), ya tentu kalau begitu saya pasti kembali ke Pak Prabowo,” ujarnya.

Statement itulah yang kemudian memunculkan spekulasi bahwa Partai Ummat akan mengalihkan dukungannya ke koalisi pendukung Prabowo Subianto yang dihuni oleh Partai Gerindra, PKB, PAN, Golkar dan PBB dalam Pemilu 2024 nanti. (*)

Reporter: Ubay NA

Editor: Aan Hariyanto

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer