22.8 C
Malang
Selasa, Mei 28, 2024
KilasPersiapan Para Capres Jelang Debat Pamungkas Pilpres 2024

Persiapan Para Capres Jelang Debat Pamungkas Pilpres 2024

DEBAT kelima pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan bergulir pada Ahad (4/2/2024) mendatang, di Jakarta Convention Center (JCC). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia pun telah mengumumkan venue, tema, beserta para panelis dan moderator yang akan bertugas memandu acara.

Debat kelima ini akan menjadi agenda terakhir bagi para calon presiden (capres) untuk beradu visi, misi, program dan gagasan-gagasannya. Tema yang akan dibahas adalah seputar Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Dirangkum Maklumat.id, Sabtu (3/2/2024), para capres dan timnya telah melakukan beragam persiapan untuk menghadapi debat pamungkas tersebut.

Anies Baswedan Fokus Isu Pendidikan

Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menyebut salah satu persiapan capres yang diusungnya adalah berdiskusi dengan tim pakar terkait isu-isu atau tema yang akan diangkat dalam debat.

“Debat kelima seperti biasa Pak Anies akan persiapkan dengan fisik yang bugar, dan diskusi dengan tim pakar,” kata Jubir Timnas AMIN, Iwan Tarigan.

Dia berujar, tidak ada persiapan khusus yang sangat spesifik untuk menghadapi debat Pilpres tersebut. Menurut Iwan, Anies sudah sangat siap menghadapi debat sejak lama, terlebih bahwa tema yang akan diangkat adalah ‘Anies banget’.

“Dan tentunya seperti kata Pak Anies bahwa debat bukan cerdas cermat yang harus belajar tetapi persiapan dirinya dalam menghadapi debat ini telah dilakukan sejak bertahun-tahun yang lalu,” kelakarnya.

“Semua materi debat Pak Anies juga punya pengalaman panjang mempraktikannya baik di bidang pendidikan sebagai rektor dan Mendikbud, pelayanan publik, penanganan post-Covid dan toleransi sebagai Gubernur DKI. Jadi menurut kami Pak Anies sudah sangat siap di debat terakhir ini,” imbuh Iwan.

Senada dengan dia, cawapres pendamping Anies, yakni Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengklaim Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan fokus di bidang pendidikan pada debat terakhir nanti. Dia optimistis Anies menguasai debat dan akan tampil dominan.

“Mas Anies menjadi tokoh nasional karena punya concern pada pendidikan, turun tangan, (program) Indonesia Mengajar, itu yang menjadi titik awal Mas Anies punya komitmen tentang masa depan pendidikan bangsa,” kata Cak Imin.

“Dan tentu tema pendidikan besok akan menjadi prioritas kita ketika pemerintahan kita nanti terpilih menjadi amanat yang akan kita jalankan, pendidikan akan menjadi prioritas,” pungkas pria asal Jombang, Jawa Timur yang juga menjabat Ketua Umum PKB itu.

Prabowo Pelajari Sejumlah Data Seputar Tema Debat

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid mengatakan, sosok capres nomor urut 02 yang diusungnya adalah figur yang gemar membaca buku. Karena itu Prabowo sudah sangat siap dan bersiap secara matang untuk debat kelima ini.

“Semuanya sudah disiapkan dengan baik. Pak Prabowo Subianto setiap hari terus membaca buku,” ujarnya.

Nusron mengaku optimis Prabowo sudah sangat menguasai materi yang disusun oleh para panelis dan akan tampil percaya diri dalam debat tersebut. Disebutkannya, beberapa program yang akan diangkat oleh Prabowo, seperti Revolusi Putih, hingga makan siang dan susu gratis untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak Indonesia.

“Selama ini program dan pekerjaan yang dilakukan Pak Prabowo sudah banyak sekali, menyentuh kesejahteraan rakyat,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengaku, Prabowo telah memiliki sejumlah data dan mempelajarinya, berkaitan dengan tema yang akan dibahas dalam debat.

Dia optimistis Prabowo akan tampil percaya diri dan mampu menjawab dengan akurat pertanyaan-pertanyaan dari para panelis maupun kedua capres lainnya. Pun mampu menguraikan hal-hal pokok yang menjadi tema pembahasan dalam debat tersebut.

“Ya tentu itu pasangannya sudah ada yang mem-brief dan memberikan data-data secara lengkap,” kata Airlangga, Rabu (31/1/2024).

Ganjar Pranowo Siapkan 3 Poin Penting

Di lain sisi, capres nomor urut 03 yang diusung Koalisi PDIP, PPP, Perindo dan Hanura, yakni Ganjar Pranowo juga telah menyatakan siap menghadapi debat terakhir Pilpres 2024.

Ganjar mengklaim, tema-tema yang diangkat dalam debat kelima itu adalah hal-hal yang sudah dipraktikkan dan dilakukannya selama 10 tahun menjabat Gubernur Jawa Tengah.

“Insya Allah sudah siap, karena isu-isunya adalah isu-isu yang terkait dengan setidaknya praktik-praktik kami selama 10 tahun saya menjabat gitu ya,” ujarnya, Senin (29/1/2024).

Ketua Dewan Pakar TPN Ganjar-Mahfud, Sandiaga Salahuddin Uno menerangkan, ada tiga poin utama yang akan menjadi fokus Ganjar untuk dibahas dalam debat pamungkas tersebut.

“Pertama adalah Ganjar presiden rakyat, yang mewakili kepentingan rakyat kecil, yang akan berjuang untuk kepentingan rakyat. Ganjar yang dekat dengan rakyat,” ungkapnya saat di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (31/1/2024).

“Kedua adalah melanjutkan, dilanjutkan, program-program yang sudah lama ditunggu oleh masyarakat, termasuk juga bantuan-bantuan dan program-program yang populer di era Pak Jokowi,” lanjut Sandiaga.

Ketiga, kata Sandiaga, ialah kondisi ekonomi yang terkait dengan pendidikan dan kesehatan. Dia mengatakan Ganjar akan fokus pada penciptaan lapangan kerja bagi para pemuda lewat pendidikan vokasi.

“Oleh karena itu, kita akan fokus kepada pendekatan bagaimana menyelamatkan ekonomi rakyat. Terutama untuk biaya hidup termasuk juga biaya pendidikan, biaya kesehatan,” terangnya.

“Juga kita fokus kepada penciptaan lapangan kerja dengan sekolah vokasi yang Pak Ganjar sudah inisiasi di Jateng yang terbukti menjadi program yang sangat berhasil untuk membuka peluang kerja bagi anak-anak muda,” imbuh Sandiaga.(*)

Reporter: Ubay NA

Editor: Aan Hariyanto 

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer