26 C
Malang
Selasa, Oktober 22, 2024
TopikPrabowo-Gibran Resmi Dilantik Sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029

Prabowo-Gibran Resmi Dilantik Sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029

Prabowo Subianto
Presiden Prabowo Subianto saat mengucapkan sumpah jabatan. Foto:Tangkapan Layar

MAKLUMAT – Sidang Paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dengan agenda pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Minggu (20/10/2024).

Sidang yang dipimpin oleh Ketua MPR, Ahmad Muzani, dihadiri oleh 709 dari 731 anggota MPR, memenuhi syarat kuorum sesuai tata tertib.

“Dengan agenda tunggal pelantikan presiden dan wakil presiden Indonesia 2024-2029, sidang ini kami buka dan terbuka untuk umum. Sebagai insan beriman, kita bersyukur kepada Allah SWT atas terlaksananya pemilu yang menghasilkan pemimpin baru,” ujar Ahmad Muzani dilansir laman DPR RI.

Ia menekankan bahwa hari ini adalah momen bersejarah bagi Bangsa Indonesia yang kembali mencatat prestasi dalam demokrasi. Muzani mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersyukur dan menjaga persatuan demi kemajuan bangsa.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Mochammad Afifuddin, dalam sidang tersebut membacakan hasil pemilihan presiden yang menetapkan Prabowo Subianto sebagai Presiden dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden terpilih. Setelah pembacaan tersebut, Prabowo Subianto mengucapkan sumpah jabatan di hadapan anggota MPR.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar, serta menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucap Presiden Prabowo.

Usai sumpah jabatan, Ahmad Muzani mengumumkan bahwa Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI untuk masa bakti 2024-2029.

“Dengan rasa syukur, kita telah menyaksikan sumpah jabatan mereka. Kami berharap kepemimpinan Prabowo dan Gibran akan membawa visi besar dan kebijakan pro-rakyat yang mengutamakan kemajuan bangsa,” ujar Ketua MPR menutup sidang.

Acara pelantikan berlangsung dengan tertib dan penuh khidmat, dihadiri oleh para pejabat negara, duta besar, serta tamu undangan lainnya.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer