25.6 C
Malang
Rabu, Februari 21, 2024
KilasBentuk Big Data Persyarikatan, LHKP PWM Jatim Akan Gelar Pelatihan di Malang

Bentuk Big Data Persyarikatan, LHKP PWM Jatim Akan Gelar Pelatihan di Malang

Yana Syafriyana Hijri
Ketua Divisi Data LHKP PWM Jatim Yana Syafriyana Hijri

LEMBAGA Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PWM Jatim bekerjasama dengan Biro Infokom Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) akan menggelar Pelatihan Entri Data Terintegrasi Menuju Big Data PDM Se-Jatim.

Agenda yang akan dilaksanakan di UMM esok Sabtu (19/8/2023) itu, menurut Ketua Divisi Data dan Survei LHKP PWM Jatim Yana Syafriyana Hijri berangkat dari realitas bahwa database persyarikatan yang masih belum terintegrasi.

“Stand point-nya bahwa database organisasi atau Persyarikatan saat ini masih parsial, dari level PWM maupun PDM,” ujarnya kepada Maklumat.id, Jumat (18/8/2023).

Pelatihan tersebut, terang Yana, selain untuk melakukan pengentrian data dan digitalisasi database Muhammadiyah di Jawa Timur, juga adalah untuk mengintegrasikan setiap database yang ada, sehingga semuanya menjadi suatu big data yang terpusat dan mempermudah keperluan persyarikatan kedepannya.

“Pertama, kegiatan ini untuk memulai mendigitalisasi data persyarikatan. Terkait data organisasi, aset, SDM, dan sumber-sumber data-data lainnya yang potensial,” kata Yana.

Kedua, lanjut dosen UMM itu, dengan entri data dari setiap LHKP PDM lalu menjadi satu kesatuan data utama atau basis data.

“Ketiga, kesatuan data utama tadi, yang dientri melalui LHKP PDM se-Jatim bisa terintegrasi, sehingga dapat mengoptimalisasi gerak persyarikatan di berbagai bidang. Tujuan akhirnya adalah menjadi big data persyarikatan, khususnya Jatim,” ungkap Yana.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut akan diikuti oleh perwakilan LHKP PDM se-Jatim, yang masing-masing terdiri atas tiga orang.

Sebelum pelatihan dimulai, direncanakan ada Diskusi Politik dan Rilis Survei Preferensi Pemilih Pemula di Malang Raya, yang merupakan hasil kerjasama Laboratorium Ilmu Pemerintahan dengan LHKP PDM se-Malang Raya. (*)

Reporter: Ubay NA

Editor: Aan Hariyanto 

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer