18.7 C
Malang
Jumat, Juni 21, 2024
KilasLP UMKM PWM Jatim Kembangkan Klikbelanja.ID, Siap Pasarkan Produk Via Online

LP UMKM PWM Jatim Kembangkan Klikbelanja.ID, Siap Pasarkan Produk Via Online

Suasana Bimtek E-commerce LP UMKM PWM Jatim

LEMBAGA Pengembang UMKM Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur menggelar bimbingan teknis (Bimtek) operator atau admin sesi 2. Kegiatan untuk pengembangan e-commerce berbasis website ini digelar di laboratorium Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Sabtu (25/5/ 2024).

Sebanyak 30 peserta perwakilan dari 15 Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten/Kota se Jatim hadir secara langsung di Malang. Sisanya, peserta mengikuti bimtek e-commerce secara daring via zoom meeting.

Wakil Ketua LP UMKM PWM Jatim Zaenudin mengatakan, perlunya sinergi antar PDM kabupaten/kota dalam rangka untuk pengembangan jejaring ekonomi, utamanya para pelaku UMKM untuk bisa bersama-sama memasarkan produk masing-masing melalui media digital.

“Platform digital yang dibuat oleh LP UMKM PWM Jatim dengan nama klikbelanja.id,” kata pria berkaca mata ini menjelaskan.

Zaenudin berharap dengan kegiatan ini operator E-commerce akan mampu membuat katalog produk para pelaku UMKM di Jawa Timur dan sekaligus membantu memasarkannya lewat online.

“Bagi PDM yang mungkin telah memiliki aplikasi serupa bukan berarti tidak bisa saling mensupport. Tapi justru makin memperkuat jaringan digital dikalangan pelaku usaha Muhammadiyah, tergantung bagaimana kita mengintegrasinya,” terang mantan Ketua KPU Kota Malang.

Sementara, Dewan Pakar LP UMKM PWM Jawa Timur Prof Jabal dalam arahannya menyampaikan, sudah saatnya kita mewujudkan secara nyata bentuk jihad ekonomi di kalangan warga Muhammadiyah. Salah satu syaratnya harus konsisten dan responsive terhadap perkembangan zaman.

“Target dalam bimtek kali ini selain menghimpun database pelaku UMKM di Jawa Timur melalui aplikasi klikbelanja.id, juga merupakan wadah untuk melakukan pembinaan dan pendampingan bagi para pelaku UMKM. Baik menyangkut design produk, metode pemasaran, sertifikasi halal maupun terkait dengan perizinan pelaku usaha,” terangnya.

Acara bimtek E-commerce ini dikemas dengan model interaktif dengan mengedepankan dialogis dan praktek. Baik yang hadir langsung maupun yang ikut melalui zoom meeting.

Kegiatan dipandu dua mentor handal, yaitu Sri Wahyudi dan Hendra. Keduanya merupakan pengajar di Fakultas Ekonomi & Bisnis UMM sekaligus pengurus LP UMKM PWM Jawa Timur.

Sebelumnya, LP UMKM PWM Jatim mengadakan soft launching dan bimtek operator dengan mengundang seluruh perwakilan PDM se Jatim. Kegiatan dilaksankan di Hotel Kapal Sengkaling pada tanggal 1 Mei 2024 lalu.

Namun, hanya 23 PDM yang bisa mengirim pesertanya. Oleh karenanya LP UMKM PWM Jatim kembali memberi kesempatan kepada 15 PDM yang tidak bisa hadir di pertemuan sesi 1 bisa mengikuti Bimtek Operator tahap kedua.

Reporter: Roni

Editor: Aan Hariyanto 

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer