22.8 C
Malang
Minggu, Februari 25, 2024
KilasPrabowo Subianto-Gibran Rakabuming Resmi Jadi Pasangan Capres-Cawapres

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Resmi Jadi Pasangan Capres-Cawapres

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming ditemani para ketua partai penyokong ketika mendaftar ke KPU, 25 Oktober 2023.

BAKAL pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi mendaftarkan diri ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Rabu (25/10/2023). Kedatangan mereka diantar oleh rombongan pimpinan gabungan partai politik (parpol) dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Kami mendaftarkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden atas nama yang sudah kita kenal semua, yaitu Bapak Letnan Jenderal TNI (purn) H Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden Republik Indonesia, yang berpasangan dengan Mas Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029,” kata Ketua Umum Partai Golkar sekaligus mewakili gabungan parpol di KIM, Airlangga Hartarto di Kantor KPU, Rabu (25/10/2023).

“Kami meyakini bahwa pasangan Bapak Prabowo dan Mas Gibran adalah pasangan yang tepat untuk melanjutkan kepemimpinan bangsa serta membawa kemajuan bagi Indonesia. Keduanya merupakan perpaduan yang saling melengkapi, sebagai pemimpin berpengalaman yang patriotik, yang didampingi oleh pemimpin muda yang mendorong transformasi bangsa menuju Indonesia yang lebih baik,” lanjut Airlangga.

Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal Capres yang diusung KIM, Prabowo Subianto mengaku pihaknya siap dan akan mengikuti segala proses serta prosedur yang telah diatur dan ditentukan. “Setelah ini kami akan ikuti semua proses dan kami siap untuk maju di hadapan rakyat Indonesia, dengan membawa program kita, membawa visi kita, membawa strategi kita, untuk melanjutkan pembangunan dan mengantar Indonesia sampai menjadi negara yang maju dan yang makmur,” kata Prabowo dalam sambutannya.

Untuk diketahui, sebelum menuju KPU RI untuk mendaftarkan bakal pasangan Capres-Cawapres di siang hari, rombongan KIM beserta para relawan dan simpatisannya telah menggelar acara dan deklarasi di Gedung Indonesia Arena, Rabu (25/10/2023) pagi.

Dalam acara deklarasi tersebut, hingga mengantarkan pendaftaran bakal paslon Prabowo-Gibran didampingi oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Syahbana, Ketua Umum Partai Prima Agus Priyono, serta Ketua Tim Pemenangan TKN Rosyan Ruslani.

Sementara itu, sama dengan yang disampaikannya kepada bakal paslon Capres-Cawapres yang telah mendaftarkan diri sebelumnya, yakni Anies-Muhaimin (AMIN) dan Ganjar-Mahfud, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menjelaskan lebih detail perihal prosedur dan mekanisme selanjutnya terkait pendaftaran Capres-Cawapres kepada Prabowo-Gibran.

“Secara administratif, yang kami terima ini nanti ukurannya adalah lengkap atau belum lengkap, itu saja. Kami sudah berkoordinasi dengan tim yang memeriksa dan berkas alhamdulillah sudah diperiksa dan dinyatakan lengkap,” kata dia.

Setelah ini, lanjut Hasyim, akan memasuki tahapan verifikasi yang ukurannya adalah dua, apakah dokumennya benar atau belum, dan sah atau belum. “Itu nanti ada kesempatan kiranya dokumen dinyatakan belum benar atau belum sah, nanti ada kesempatan untuk melakukan pelengkapan atau perbaikan-perbaikan,” imbuhnya.

Hasyim menjelaskan, bakal paslon yang diusung oleh gabungan parpol dalam KIM itu akan menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto pada Kamis (26/10/2023) mendatang, untuk menilai kemampuan dalam menjalankan tugasnya jika terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

“Setelah ini kami akan memberikan surat pengantar kepada bakal pasangan calon untuk melakukan pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani, untuk dilakukan penilaian terkait kemampuan untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden, yang akan dilakukan oleh tim dokter yang akan memeriksa di Rumah Sakit RSPAD Gatot Subroto. InsyaAllah akan dilaksanakan besok, Hari Kamis, 26 Oktober 2023 pukul 7.00 WIB pagi,” tandas Hasyim. (*)

Reporter: Ubay

Editor: Mohammad Ilham

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer