22.4 C
Malang
Minggu, Februari 25, 2024
KilasSambut Milad, Muhammadiyah Gelar Lomba Fachrodin Award

Sambut Milad, Muhammadiyah Gelar Lomba Fachrodin Award

Poster Lomba Fachrodin Award
Poster Lomba Fachrodin Award

MAJELIS Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menggelar perlombaan Fachrodin Award 2023. Ajang yang digelar untuk kali kedua ini mengusung tema “Sumbangsih Muhammadiyah Dalam Mendorong Kemajuan.”

Menurut ketua panitia pelaksana, Hasanul Rizqa, perlombaan Fachrodin Award bertujuan mengangkat kiprah tokoh-tokoh lokal Muhammadiyah yang berperan nyata bagi masyarakat.” Ada tiga topik yang menjadi sub-tema lomba ini,” kata Hasanul Rizqa.

Topik pertama adalah “peran dan dakwah kader Muhammadiyah dalam berbagai bidang kehidupan.” Kedua, “peran amal usaha Muhammadiyah dalam melayani umat dan warga bangsa.” Adapun yang ketiga, “tokoh Muhammadiyah di tingkat lokal.”

Wakil Ketua MPI PP Muhammadiyah Roni Tabroni menjelaskan, Fachrodin Award lebih fokus mengangkat tokoh-tokoh lokal Persyarikatan yang ada di seluruh pelosok Indonesia, termasuk mancanegara. Sebab, mereka perlu lebih dikenal oleh masyarakat luas melalui publikasi di media-media massa.

“Mereka perlu diangkat setidaknya untuk memberikan inspirasi kepada kader Muhammadiyah lain dan masyarakat umum tentang arti penting berjuang dan berdakwah hingga di lorong-lorong terjauh sekalipun, tanpa sorot kamera dan riuhnya tepuk tangan,” ujar Roni Tabroni.

Jika Fachrodin Award tahun lalu perlombaan hanya dibuka untuk kategori penulisan, pada tahun 2023 ini ada dua kategori lainnya, yakni video atau film pendek dan tokoh inspiratif. Dengan mengikuti kategori video atau film pendek, peserta diharapkan dapat mengangkat kader-kader Muhammadiyah yang ada di daerah atau pelosok yang telah memberikan kontribusi terhadap dakwah Persyarikatan dalam berbagai bidang.

Selain itu, video ringkas tersebut bisa pula menampilkan peran amal usaha Muhammadiyah (AUM) di daerah-daerah yang perannya besar bagi masyarakat dan kemanusiaan. AUM itu bisa berupa lembaga pendidikan, sosial, pelayanan kesehatan, ekonomi, dan lain-lain.

“Kategori kedua, yaitu penghargaan untuk tokoh lokal inspiratif. Secara teknis, MPI wilayah di seluruh Indonesia terlebih dahulu mengusulkan nama satu orang atau lebih tokoh, dibarengi dengan alasan dan bukti-bukti pengabdiannya.

MPI wilayah juga dapat memberikan dokumen lain yang dianggap mendukung, mengapa ketokohan yang diusulkan layak diberi penghargaan,” paparnya.

Panitia Fachrodin Award menerima kiriman tulisan, video atau film pendek dari para peserta hingga tanggal 29 Oktober 2023. Pemenang dan juga nominasi tokoh-tokoh lokal inspiratif akan diumumkan pada saat perayaan Milad Muhammadiyah pada 18 November 2023.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui akun instagram https://www.instagram.com/fachrodin.award.

Reporter: Ubay NA

Editor: Aan Hariyanto 

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer