26.7 C
Malang
Jumat, Oktober 18, 2024
RagamTeh Ini Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Teh Ini Bantu Tidur Lebih Nyenyak

passionflower tea. foto: detoxandcure

MAKLUMAT – Minum secangkir passionflower tea (teh passionflower) berkhasiat mampu meningkatkan kualitas tidur dan membantu tubuh menjadi rileks. Bunga passionflower (passiflora incarnata) dikenal memiliki khasiat meredakan insomnia, kecemasan, serta nyeri.

Pada dasarnya, teh ini adalah tanaman merambat dengan bunga berwarna putih dan ungu, yang kemudian diekstrak. Umumnya tanaman ini mudah dijumpai di Amerika Serikat bagian tenggara, Amerika Tengah dan Selatan.

Menurut healthline, saat ini terdapat lebih dari 500 spesies passionflower tea di seluruh dunia. Menariknya, masing-masing jenis memberi manfaat bagi kesehatan yang berbeda.

Hasil penelitian

Penelitian menunjukkan bahwa passionflower dapat meningkatkan kadar asam gamma-aminobutyric (GABA) di otak. GABA adalah asam amino yang bekerja mengurangi aktivitas sistem saraf pusat. Kemudian memberi efek menenangkan. Manfaat lain dari peningkatan GABA meliputi relaksasi, peningkatan suasana hati, dan tidur lebih baik

Penghilang rasa sakit

Masyarakat di AS dan Amerika Latin memanfaatkan passionflower membantu tidur. Namun demikian, bunga ini terbukti mampu mengurangi kecemasan. Terutama kecemasan pra-operasi, dengan efek yang mirip obat penenang, seperti oxazepam dan midazolam, dua jenis obat dari kelompok benzodiazepin.

Manfaat sebelum tidur

Untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, secangkir teh passionflower sebelum tidur dapat menjadi solusi. Teh ini bekerja sebagai penenang ringan. Studi pada hewan menunjukkan bahwa passionflower dapat merangsang produksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur.

Hasil penelitian awal memang melaporkan teh ini mampu meningkatkan kualitas tidur. Namun demikian, efek terhadap kualitas tidur masih perlu penelitian lebih lanjut.

Sebuah studi tahun 2023 menemukan bahwa ekstrak passionflower dapat membantu orang yang sedang menjalani proses penghentian benzodiazepin. Tetapi bagi yang mengalami gejala kecemasan atau depresi akibat penghentian obat ini, passionflower terbukti mengurangi gejala putus obat.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer