MAKLUMAT – KAI Logistik terus memperkuat posisinya dalam bisnis logistik nasional. Anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia ini makin memperluas layanan KALOG Express ke seluruh Indonesia, dengan fokus pada pengiriman barang berskala kecil. Layanan ini resmi beroperasi pada 7 November 2024 dan bertujuan untuk memudahkan pengiriman barang retail ke berbagai pelosok Tanah Air.
Direktur Operasi KAI Logistik, Heri Siswanto, dalam surat resminya menjelaskan bahwa perluasan jangkauan layanan KALOG Express merupakan langkah strategis untuk memenuhi tingginya permintaan pelanggan.
“Tren pergerakan logistik elah berkembang pesat. Hal ini didorong pengiriman retail. KAI Logistik berusaha mengambil peran dalam memastikan kelancaran distribusi barang ke seluruh Indonesia,” kata Heri, Rabu (13/11/2024).
Sebaran Layanan Logistik
KAI Logistik menggandeng mitra strategis dalam mendukung pengiriman barang kepada konsumen melalui skema station-to-door. Upaya ini untuk menjangkau lebih banyak pelanggan yang lebih luas. Sebab, pelanggan sudah bisa mengakses di 22 titik layanan service point KALOG Express di sejumlah kota besar Indonesia.
Beberapa lokasi tersebut antara lain Jakarta (Gudang, Kota, Gondangdia, Pasar Senen, Manggarai, Jatinegara), Bekasi, Cikampek, Bandung, Semarang (Tawang, Kariadi), Yogyakarta (Tugu, Lempuyangan), Solo, Surabaya (Turi, Kota, Kartini), Ketapang, Sarwajala, Denpasar, Tanjung Karang, dan Palembang.
Layanan pengiriman KALOG Express mencakup pengiriman paket dan dokumen dengan berat minimum 1 kg, tanpa batasan berat maksimum. KALOG Express membatasi pengiriman yang membutuhkan moda transportasi tambahan. Batasan volume untuk pengiriman menggunakan pesawat maksimum 200 cm, tinggi 76 cm, dan lebar 90 cm.
Perluasan Akses Layanan
Pada tahap awal, KAI Logistik fokus menyediakan layanan pengiriman paket dan dokumen ke seluruh Indonesia. Ke depan, KAI Logistik memperluas layanan untuk mencakup jenis barang lainnya.
Heri menjelaskan bahwa KALOG Express sudah hadir di 181 titik service point di wilayah Jawa, Bali, dan Sumatra. Adapun portofolio KALOG Express telah mengirim berbagai jenis barang, seperti hewan peliharaan, tanaman, barang elektronik, sepeda, motor, dan frozen food.
“KAI Logistik terus berinovasi dalam meningkatkan layanan pengiriman ke seluruh Indonesia. Ke depannya, kami akan menambah titik layanan dan jenis barang yang dapat dikirimkan. Kolaborasi dengan mitra logistik menjadi fokus utama kami untuk menciptakan layanan yang lebih customer-oriented,” Heri menjelaskan.
Dorong Pertumbuhan Ekonomi
KAI Logistik telah melengkapi layanannya melalui aplikasi KAI Logistik TRAX. Aplikasi ini memungkinkan pengiriman barang retail dengan konsep “with just a click”. Layanan ini kini sudah menjangkau 115 kota/kabupaten di Indonesia melalui 181 titik service point.
Dengan KALOG Express dan aplikasi KAI Logistik TRAX, perusahaan berkomitmen mendukung distribusi logistik yang lebih efisien dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Satu lagi adalah, memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan pengiriman barang yang praktis, cepat, dan terpercaya.