MAKLUMAT – Marketplace besutan Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), Mosaik Nusantara, benar-benar mencuri perhatian dalam ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2025. Selama pameran di ICE BSD, Tangerang (15-19 Oktober), booth mereka yang tergabung dalam HIMKI di Hall 7 sukses menarik pengunjung elite.
Tak tanggung-tanggung, tiga tokoh kunci perdagangan Indonesia menyambangi mereka secara bergantian. Kehadiran mereka memberikan angin segar bagi para pelaku UKM mebel dan kerajinan.
Menteri Perdagangan Budi Santoso menyambangi booth Mosaik Nusantara pada Sabtu (18/10). Direktur Eksekutif HIMKI Syaiful Bahri dan Staf Mosaik Nusantara Edi Purwanto menyambut langsung orang nomor satu di kementerian tersebut. “Gimana sudah ada buyer yang masuk? Mantap terus berinovasi,” sapa Budi Santoso ramah.
Mendag Budi Santoso lantas mencoba satu kursi pameran milik anggota HIMKI Jepara yang mereka pamerkan di lokasi. Syaiful Bahri pun melaporkan perkembangan positif. “Sudah banyak buyer potensial yang masuk ke kita,” kata Syaiful. Rombongan Mendag menghabiskan waktu sekitar 10 menit di booth HIMKI.
Sebelumnya, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Fajarini Puntodewi juga memberikan dukungan. Fajarini mengunjungi booth HIMKI dan melihat potensi besar platform digital tersebut untuk ekspor.”Coba Mosaik Nusantara ini dikoneksikan dengan aplikasi kita agar bisa dibantu,” perintah Dirjen PEN Fajarini Puntodewi. Ia bahkan langsung meminta stafnya untuk segera membantu proses pengembangan dan koneksi Mosaik Nusantara dengan sistem kementerian.
Atdag Moskow Bawa Buyer Rusia
Dukungan tak terduga juga mengalir dari Atase Perdagangan KJRI Moskow, Ardianto Mahdi Wibowo. Ardianto tidak datang sendirian. Ia menggandeng serta seorang buyer potensial dari Rusia. Ardianto menegaskan bahwa pasar Rusia dan sekitarnya sangat potensial bagi produk furniture berkualitas tinggi dari Indonesia.
Staf Mosaik Nusantara, Edi Purwanto, sigap menjelaskan kemudahan marketplace itu. “Kalau Bapak ada di Rusia, tinggal mengakses Mosaik Nusantara untuk mengenalkan produk HIMKI. Jika tertarik, nanti bisa langsung berkomunikasi,” jelas Edi.
Ardianto pun langsung menjajal situs Mosaik Nusantara. “Jadi semua produk HIMKI bisa diakses di sini ya? Semua perusahaan ada di sini,” kata Ardianto sambil mengangguk-angguk.
Kehadiran tiga tokoh kunci perdagangan ini memberikan semangat baru bagi para pelaku UKM di bawah naungan Mosaik Nusantara. Para pelaku usaha berharap dukungan nyata ini segera berlanjut menjadi peningkatan volume ekspor yang signifikan.***