31.3 C
Malang
Kamis, Juli 18, 2024
KilasPelantikan Presiden Baru Dilakukan di IKN

Pelantikan Presiden Baru Dilakukan di IKN

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono menyebut, presiden baru hasil pemilihan umum (Pemilu) 2024 nantinya akan dilantik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Selain itu, upacara peringatan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 nanti juga akan digelar di sana.

Hal itu dia sampaikan usai melakukan rapat kerja bersama Komisi V DPR di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4/2024) kemarin.

“17 Agustus upacaranya rencananya di sana (IKN), pelantikan presiden insyaAllah juga di sana (IKN). Rencananya begitu. Pelantikan presiden rencana di sana,” kata Basuki.

Meski begitu, kemungkinan besar pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam HUT ke-79 RI nanti masih tetap akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta.

“Mungkin pidato kenegaraan masih tetap di sini,” katanya.

Untuk diketahui, berdasarkan Undang-Undang (UU) Daerah Khusus Jakarta (DKJ) yang telah disahkan DPR dan pemerintah pada 28 Maret 2024 lalu telah menyebutkan Jakarta sudah tidak lagi berstatus sebagai ibu kota dan menjadi daerah khusus.

Kendati demikian, berdasarkan UU tersebut juga diatur, peralihan status ibu kota dari Jakarta ke IKN Nusantara menunggu Keputusan Presiden (Keppres).

Namun, hingga saat ini diketahui Presiden Jokowi belum juga meneken Keppres berkaitan dengan hal tersebut.

Reporter: Ubay NA

Editor: Aan Hariyanto 

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sponsor

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer