25.6 C
Malang
Sabtu, Oktober 5, 2024
KilasSekum PP Muhammadiyah Harap DPR Lebih Terbuka Terhadap Aspirasi Rakyat

Sekum PP Muhammadiyah Harap DPR Lebih Terbuka Terhadap Aspirasi Rakyat

Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah Prof Abdul Mu'ti
Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah Prof Abdul Mu’ti

MAKLUMAT — Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah Prof Abdul Mu’ti menyampaikan ucapan selamat sekaligus pesan kepada para anggota DPR dan DPD RI periode 2024-2029 yang baru saja dilantik pagi ini, Selasa (1/10/2024), agar lebih terbuka terhadap aspirasi rakyat.

Dari pantauan Maklumat.id di akun sosial media (sosmed) X pribadinya @abe_mukti, dia berharap agar seluruh wakil rakyat tersebut dapat menjalankan amanah yang diembannya dengan baik.

“Kami menyampaikan selamat kepada anggota DPR dan DPD RI masa bakti 2024-2029. Semoga dapat melaksanakan Amanah konstitusi dengan sebaik-baiknya,” tulisnya, Selasa (1/10/2024) sore.

Selain itu, Mu’ti tak lupa menyampaikan terimakasih atas kinerja dan dedikasi seluruh jajaran anggota DPR dan DPD RI periode sebelumnya, 2019-2024.

“Terima kasih kepada anggota DPR dan DPD RI periode 2019-2024 yang telah berusaha melakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara,” sambung Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Lebih lanjut, Mu’ti berharap para anggota DPR dan DPD RI periode 2024-2029 yang baru saja dilantik mampu bekerja lebih baik dan betul-betul melaksanakan fungsi legislasi, kontrol, maupun anggaran dengan baik.

Tak hanya itu, Mu’ti juga meminta agar para wakil rakyat yang total berjumlah 580 orang se-Indonesia itu terbuka terhadap aspirasi-aspirasi rakyat.

“Para anggota DPR dan DPD baru diharapkan dapat bekerja lebih baik dan belajar dari pengalaman periode sebelumnya dalam melaksanakan fungsi legislasi dan kontrol terhadap penyelenggaraan negara, serta lebih terbuka terhadap aspirasi rakyat,” pungkasnya.

Pelantikan Anggota DPR dan DPD RI 2024-2029

Sebelumnya, sebanyak 580 anggota DPR RI dan 152 anggota DPD RI periode 2024-2029 resmi dilantik pada Selasa (1/10/2024) di Ruang Sidang Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Ketua Mahkamah Agung, Muhammad Syarifuddin, memandu pembacaan sumpah/janji jabatan yang menandai pelantikan tersebut.

DPR RI sendiri telah menetapkan pimpinan definitif untuk periode 2024-2029, di mana Puan Maharani (PDIP) kembali didapuk sebagai Ketua DPR. Selain itu, Adies Kadir (Golkar) Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), Saan Mustofa (NasDem), serta Cucun Ahmad Syamsurijal (PKB) didapuk sebagai Wakil Ketua DPR.

Selain menetapkan pimpinan definitif, DPR RI juga telah membentuk 8 fraksi partai politik (parpol) yang terdiri atas, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Gerindra, dan Fraksi Partai NasDem.

Kemudian, ada Fraksi PKB, Fraksi PKS, Fraksi PAN, serta Fraksi Partai Demokrat. Sebagian fraksi juga telah membentuk dan menentukan pimpinan fraksinya.

Sedangkan di DPD RI masih melaksanakan Rapat Paripurna untuk menentukan pimpinan definitifnya malam ini, Selasa (1/10/2024).

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ads Banner

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lihat Juga Tag :

Populer